Pengaruh Daya Tarik Iklan Gojek Versi #SebelumGojek Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi (Survei Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Angkatan 2020/2021)
Ashri Lutfia, Ashri (2023) Pengaruh Daya Tarik Iklan Gojek Versi #SebelumGojek Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi (Survei Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Angkatan 2020/2021). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (61kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (489kB) |
|
Text
3. Surat Pernyataan.pdf Download (397kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf Download (398kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (240kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (115kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (37kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (81kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (487kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (161kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (249kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (467kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (131kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Juni 2023 Ashri Lutfia 2019140185 PENGARUH DAYA TARIK IKLAN GOJEK VERSI #SebelumGojek TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI. (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Angkatan 2020/2021)” (xv + 77 Halaman + 40 Tabel + 7 Gambar) ABSTRAK Iklan adalah salah satu jenis komunikasi yang berbentuk media visual, tertulis, atau lisan. Iklan membuat dan mendorong keputusan kepada publik yang melihatnya yang bertujuan untuk menarik konsumen. Gojek adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan adanya platform Youtube sebagai tempat mereka menarik konsumen, salah satunya iklan terbaru mereka yaitu “#SebelumGojek”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah pengaruh iklan Gojek Versi “#SebelumGojek” terhadap keputusan penggunaan aplikasi Gojek pada viewers Iklan Youtube Gojek (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Angkatan 2020/2021). Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Daya Tarik Iklan yang meliputi Meaningful (Kesan), Believable (Kepercayaan), Distrinitive (Ciri Khas) dan menggunakan teori Proses Keputusan Pembelian meliputi Pengenalan Masalah, Pencarian Informasi, Evaluasi Alternatif, Keputusan Pembelian, dan Evaluasi Pasca Pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengambilan datanya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 78 responden pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Angkatan 2020/2021. Metode pengambilan kuesioner yang digunakan yaitu random sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa analisis tersebut mengindikasi Iklan Gojek Versi “#SebelumGojek” memberikan dampak pada keputusan penggunan aplikasi sebesar 55,8% dan 44,2% disebabkan oleh faktor diluar penelitian. Pada uji hipotesis menghasilkan thitung (9,805) > ttabel (1,665), maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara Pengaruh Daya Tarik Iklan Gojek versi “#SebelumGojek” Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi. Kata Kunci : Iklan, Daya Tarik Iklan, Keputusan Penggunaan Aplikasi, Gojek Referensi : 8 Buku, 8 Jurnal, 4 Website Dosen Pembimbing : Jamiati KN, S.I.K, M.I.Kom iv MUHAMMADIYAH JAKARTA UNIVERSITY FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES ADVERTISING STUDY PROGRAM Thesis, June 2023 Ashri Lutfia 2019140185 THE INFLUENCE OF GOJEK ADVERTISING ATTRACTIVENESS VERSION #SebelumGojek ON APPLICATION USE DECISIONS. (Survey On FISIP UMJ Communication Studies Student Batch 2020/2021)” (xv + 77 Page + 40 Table + 7 Picture) ABSTRACT Advertising is a type of communication in the form of visual, written or spoken media. Advertising makes and drives decisions to the viewing public that aim to attract consumers. Gojek is one of the companies that takes advantage of the YouTube platform as a place for them to attract consumers, one of which is their latest advertisement, "#BeforeGojek". The purpose of this study was to find out whether the effect of the Gojek advertisement version "#BeforeGojek" on the decision to use the Gojek application on viewers of Gojek Youtube Ads (Survey on Communication Studies Students of FISIP UMJ Class of 2020/2021). The theory used in this study is the theory of Advertising Attractiveness which includes Meaningful (Impression), Believable (Trust), Ditrinitive (Characteristics) and uses the theory of the Purchase Decision Process including Problem Recognition, Information Search, Alternative Evaluation, Purchase Decision, and Post Evaluation Purchase. This study uses a quantitative approach with a survey method with a questionnaire as the data collection instrument. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires which were given to 78 respondents to the 2020/2021 FISIP UMJ Communication Science Students. Questionnaire collection method used is random sampling. The results of the study show that the analysis indicates that the "#BeforeGojek" Version of Gojek Ads has an impact on the decision to use the application by 55.8% and 44.2% is caused by factors outside the research. The hypothesis test produces tcount (9.805) > ttable (1.665), then H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an influence between the "#BeforeGojek" version of the Attractive Effect of Gojek Ads on the Decision to Use the Application. Keywords : Advertising , Advertising Appeal, Application Usage Decisions, Gojek Reference : 8 Book, 8 Journal, 4 Website Lecturer : Jamiati KN, S.I.K, M.I.Kom
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 02:44 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 02:44 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17377 |
Actions (login required)
View Item |