Analisis Kritik Sosial Dalam Iklan A Mild Versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja Di Televisi

Gigih Darastama, Gigih (2022) Analisis Kritik Sosial Dalam Iklan A Mild Versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja Di Televisi. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan Dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (150kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (82kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (5kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (66kB)
[img] Text
9. Bab I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10. Bab II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
11. Bab III.pdf

Download (28kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. Bab V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf

Download (199kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Juli 2022 FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Juli 2022 Gigih Darastama 2016140036 Analisis Kritik Sosial Dalam Iklan A Mild versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja di Televisi ABSTRAK Semiotika dalam iklan menjelaskan bagaimana sebuah tanda bekerja untuk membentuk interpretasi terhadap suatu makna di dalam iklan. Iklan tidak hanya memiliki fungsi mempromosikan suatu produk, melainkan membawa pesan dalam bentuk verbal dan non-verbal. Iklan rokok dikemas berbeda dibanding iklan komersil yang lain karena beragam regulasi terkait aturan penyiaran. Kebanyakan brand rokok dalam mengakali peraturan tersebut dengan menampilkan citra merek mereka seperti lifestyle, passion, comedy bahkan simbol maskulinitas laki-laki. Iklan Sampoerna A Mild versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja sedikit berbeda karena mengangkat isu-isu dalam realitas sosial dan mengkritik isu sosial untuk menjadi ide dan tema dalam membentuk brand image dan citra mereka. Kritik sosial merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem sosial dalam bermasyarakat. Terkait hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sign, Object, Interpretant serta mengetahui pesan kritik sosial. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan semiotika sebagai sebuah analisis. Penelitian ini menganalisis makna iklan A Mild yang dikaji dengan Triangle of meaning yaitu sign, object, dan interpretant. Dengan demikian hasil penelitian ini dengan tanda dalam iklan ini yaitu Sign, Object, dan Interpretant bersifat objektif menggambarkan fenomena dan kebiasaan yang sedang terjadi di masyarakat secara riil tentang sifat tidak peduli akan sampah plastik di sekitar yang akan menimbulkan dampak merugikan dikemudian hari. Pesan kritik sosial disampaikan untuk membuka kesadaran masyarakat dengan menampilkan sindiran terhadap realitas sosial yang telah terjadi. Kata Kunci : Iklan, Semiotika, Kritik Sosial, Charles Sanders Peirce Referensi : 13 Buku, 16 Jurnal dan 5 Website. Pembimbing : Daniel Handoko S.I.Kom., M.I.Kom 2016140036 Analisis Kritik Sosial Dalam Iklan A Mild versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja di Televisi ABSTRAK Semiotika dalam iklan menjelaskan bagaimana sebuah tanda bekerja untuk membentuk interpretasi terhadap suatu makna di dalam iklan. Iklan tidak hanya memiliki fungsi mempromosikan suatu produk, melainkan membawa pesan dalam bentuk verbal dan non-verbal. Iklan rokok dikemas berbeda dibanding iklan komersil yang lain karena beragam regulasi terkait aturan penyiaran. Kebanyakan brand rokok dalam mengakali peraturan tersebut dengan menampilkan citra merek mereka seperti lifestyle, passion, comedy bahkan simbol maskulinitas laki-laki. Iklan Sampoerna A Mild versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja sedikit berbeda karena mengangkat isu-isu dalam realitas sosial dan mengkritik isu sosial untuk menjadi ide dan tema dalam membentuk brand image dan citra mereka. Kritik sosial merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem sosial dalam bermasyarakat. Terkait hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sign, Object, Interpretant serta mengetahui pesan kritik sosial. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan semiotika sebagai sebuah analisis. Penelitian ini menganalisis makna iklan A Mild yang dikaji dengan Triangle of meaning yaitu sign, object, dan interpretant. Dengan demikian hasil penelitian ini dengan tanda dalam iklan ini yaitu Sign, Object, dan Interpretant bersifat objektif menggambarkan fenomena dan kebiasaan yang sedang terjadi di masyarakat secara riil tentang sifat tidak peduli akan sampah plastik di sekitar yang akan menimbulkan dampak merugikan dikemudian hari. Pesan kritik sosial disampaikan untuk membuka kesadaran masyarakat dengan menampilkan sindiran terhadap realitas sosial yang telah terjadi. Kata Kunci : Iklan, Semiotika, Kritik Sosial, Charles Sanders Peirce Referensi : 13 Buku, 16 Jurnal dan 5 Website. Pembimbing : Daniel Handoko S.I.Kom., M.I.Kom

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:06
Last Modified: 27 Mar 2023 02:06
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/12635

Actions (login required)

View Item View Item