Analisis Kritik Sosial Dalam Iklan A Mild Versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja Di Televisi
Gigih Darastama, Gigih (2022) Analisis Kritik Sosial Dalam Iklan A Mild Versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja Di Televisi. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (17kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan Dan Lembar Pengesahan.pdf Download (150kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (82kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (9kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (5kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (66kB) |
|
Text
9. Bab I.pdf Download (216kB) |
|
Text
10. Bab II.pdf Download (243kB) |
|
Text
11. Bab III.pdf Download (28kB) |
|
Text
12. Bab IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. Bab V.pdf Download (73kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) |
|
Text
15. Lampiran.pdf Download (199kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Juli 2022 FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Juli 2022 Gigih Darastama 2016140036 Analisis Kritik Sosial Dalam Iklan A Mild versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja di Televisi ABSTRAK Semiotika dalam iklan menjelaskan bagaimana sebuah tanda bekerja untuk membentuk interpretasi terhadap suatu makna di dalam iklan. Iklan tidak hanya memiliki fungsi mempromosikan suatu produk, melainkan membawa pesan dalam bentuk verbal dan non-verbal. Iklan rokok dikemas berbeda dibanding iklan komersil yang lain karena beragam regulasi terkait aturan penyiaran. Kebanyakan brand rokok dalam mengakali peraturan tersebut dengan menampilkan citra merek mereka seperti lifestyle, passion, comedy bahkan simbol maskulinitas laki-laki. Iklan Sampoerna A Mild versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja sedikit berbeda karena mengangkat isu-isu dalam realitas sosial dan mengkritik isu sosial untuk menjadi ide dan tema dalam membentuk brand image dan citra mereka. Kritik sosial merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem sosial dalam bermasyarakat. Terkait hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sign, Object, Interpretant serta mengetahui pesan kritik sosial. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan semiotika sebagai sebuah analisis. Penelitian ini menganalisis makna iklan A Mild yang dikaji dengan Triangle of meaning yaitu sign, object, dan interpretant. Dengan demikian hasil penelitian ini dengan tanda dalam iklan ini yaitu Sign, Object, dan Interpretant bersifat objektif menggambarkan fenomena dan kebiasaan yang sedang terjadi di masyarakat secara riil tentang sifat tidak peduli akan sampah plastik di sekitar yang akan menimbulkan dampak merugikan dikemudian hari. Pesan kritik sosial disampaikan untuk membuka kesadaran masyarakat dengan menampilkan sindiran terhadap realitas sosial yang telah terjadi. Kata Kunci : Iklan, Semiotika, Kritik Sosial, Charles Sanders Peirce Referensi : 13 Buku, 16 Jurnal dan 5 Website. Pembimbing : Daniel Handoko S.I.Kom., M.I.Kom 2016140036 Analisis Kritik Sosial Dalam Iklan A Mild versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja di Televisi ABSTRAK Semiotika dalam iklan menjelaskan bagaimana sebuah tanda bekerja untuk membentuk interpretasi terhadap suatu makna di dalam iklan. Iklan tidak hanya memiliki fungsi mempromosikan suatu produk, melainkan membawa pesan dalam bentuk verbal dan non-verbal. Iklan rokok dikemas berbeda dibanding iklan komersil yang lain karena beragam regulasi terkait aturan penyiaran. Kebanyakan brand rokok dalam mengakali peraturan tersebut dengan menampilkan citra merek mereka seperti lifestyle, passion, comedy bahkan simbol maskulinitas laki-laki. Iklan Sampoerna A Mild versi Gak Ada Yang Ilang Gitu Aja sedikit berbeda karena mengangkat isu-isu dalam realitas sosial dan mengkritik isu sosial untuk menjadi ide dan tema dalam membentuk brand image dan citra mereka. Kritik sosial merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem sosial dalam bermasyarakat. Terkait hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sign, Object, Interpretant serta mengetahui pesan kritik sosial. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan semiotika sebagai sebuah analisis. Penelitian ini menganalisis makna iklan A Mild yang dikaji dengan Triangle of meaning yaitu sign, object, dan interpretant. Dengan demikian hasil penelitian ini dengan tanda dalam iklan ini yaitu Sign, Object, dan Interpretant bersifat objektif menggambarkan fenomena dan kebiasaan yang sedang terjadi di masyarakat secara riil tentang sifat tidak peduli akan sampah plastik di sekitar yang akan menimbulkan dampak merugikan dikemudian hari. Pesan kritik sosial disampaikan untuk membuka kesadaran masyarakat dengan menampilkan sindiran terhadap realitas sosial yang telah terjadi. Kata Kunci : Iklan, Semiotika, Kritik Sosial, Charles Sanders Peirce Referensi : 13 Buku, 16 Jurnal dan 5 Website. Pembimbing : Daniel Handoko S.I.Kom., M.I.Kom
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:06 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/12635 |
Actions (login required)
View Item |