Makna Pesan Iklan Grab Versi “#Percaya” Di Youtube (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Muhammad Gugi Nur F, Gugi (2023) Makna Pesan Iklan Grab Versi “#Percaya” Di Youtube (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
01 HALAMAN COVER.pdf

Download (166kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (183kB)
[img] Text
04 LEMBAR PRSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (221kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (88kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (989kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf

Download (821kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi Juni 2023 M.Gugi Nur Fauzan 2018140077 “Makna Pesan Makna Pesan Iklan Grab Versi “#Percaya” Di Youtube (Analisis Semiotika Roland Barthes)” Iklan dianggap sebagai media komunikasi yang penting, dan pemahaman terhadap makna pesan di dalamnya memberikan wawasan tentang bagaimana pesan-pesan tersebut mempengaruhi audiens dan masyarakat secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengangkat makna penanda (signifier), petanda (signified), denotasi, konotasi, mitos, serta makna pesan yang terdapat pada iklan Grab versi #Percaya dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika model Roland Barthes terhadap delapan scene dalam iklan Grab versi "Percaya". Melalui analisis ini, tanda-tanda visual, musik, narasi, simbol, dan metafora yang digunakan dalam iklan dapat diidentifikasi dan diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Grab versi "Percaya" memiliki makna yang lebih dalam dan kompleks daripada sekadar cerita motivasi yang terlihat pada permukaan. Pendekatan semiotika Roland Barthes mengungkapkan makna denotasi yang eksplisit, konotasi yang tersembunyi atau tidak langsung, serta pengaruh mitos dalam iklan tersebut. Pesan yang ingin disampaikan dalam iklan ini adalah pentingnya harapan, ketekunan, dan kepercayaan dalam menghadapi tantangan kehidupan. Iklan ini menghadirkan narasi yang menginspirasi dan memotivasi masyarakat agar tidak menyerah dalam menghadapi rintangan. Melalui contoh- contoh inspiratif, iklan ini mengajak orang untuk tidak hanya berpegang pada keyakinan, tetapi juga mengambil tindakan berani dan menghargai nilai-nilai esensial dalam kehidupan. Pesan-pesan ini memotivasi orang untuk menjalani hidup dengan semangat, mengatasi rintangan dengan ketahanan, dan mencapai potensi terbaik dalam diri. Kata Kunci : Roland Barthes, Semiotika, Iklan Referensi : 17 Buku, 6 Jurnal, 1 Website Pembimbing : Velda Ardia, S.I.Kom, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:40
Last Modified: 11 Dec 2023 04:40
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17308

Actions (login required)

View Item View Item