Pengaruh Kampanye Humas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #Exoticntt di Instagram Terhadap Citra Obyek Wisata Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Survei Pada Followers Akun Instagram @ disparekraf.ntt)

Irfan Nauval El Hasan, Irfan (2023) Pengaruh Kampanye Humas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #Exoticntt di Instagram Terhadap Citra Obyek Wisata Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Survei Pada Followers Akun Instagram @ disparekraf.ntt). Thesis (S2) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (12kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf

Download (597kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Irfan Nauval El Hasan NPM : 2019960027 Judul : Pengaruh Kampanye Humas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #Exoticntt di Instagram Terhadap Citra Obyek Wisata Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Survei Pada Followers Akun Instagram @ disparekraf.ntt) Pembimbing : Dr. Sa’diyah El Adawiyah, M.Si. Ringkasan : Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki berbagai macam potensi wisata. Namun, intensitas pengunjung yang dating ke Labuan Bajo tiap tahunnya mengalami penurunan. Oleh sebab itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan kampanye destinasi wisata di NTT melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampanye Humas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur terhadap Citra Obyek Wisata Labuan Bajo survei pada Followers akun Instagram @ disparekraf.ntt. Teori yang digunakan dalam penelitian ini Kampanye Humas dan Citra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengikut (followers) di Instagram Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur pada bulan Desember tahun 2022 sebanyak 3.084 orang menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang dengan teknik penarikan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan kuesioner dan teknik analisis data digunakan analisis statistic regresi linear. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Kampanye Humas Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif #Exoticntt di Instagram (X) diperoleh nilai sebesar 67,9 dengan nilai rata-rata sebesar 4,24, (2) Citra Obyek Wisata Labuan Bajo (Y) sebesar 49,85 dengan nilai rata-rata sebesar 4,15. Artinya, bahwa variabel Citra Obyek Wisata Labuan Bajo (Y) dalam penelitian ini berada pada kategori “Baik”, (3) Pengaruh kampanye Humas Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif #Exoticntt di Instagram Terhadap Citra Obyek Wisata Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur dapat dikatakan sangat kuat diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,849. Kampanye Humas terhadap citra obyek wisata Labuan Bajo sebesar 72,1%, dan terbukti signifikan diperoleh nilai thitung sebesar 15,901 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai sig. = 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Kampanye Humas, Citra Obyek Wisata Labuan Bajo, Instagram Referensi : 24 buku, 14 jurnal ilmiah (2010 – 2022)

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM)
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:36
Last Modified: 28 Jul 2023 01:36
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13994

Actions (login required)

View Item View Item