ANALISIS SEMIOTIKA PIERCE IKLAN SHAMPO HEAD & SHOULDERS JOE TASLIM X FADHIL JAIDI : “SIAPAKAH BRAND AMBASSADOR HEAD & SHOULDERS SELANJUTNYA?” DI MEDIA YOUTUBE
Muhammad Yafie Zhafran Fadhil, Muhammad Yafie Zhafran Fadhil (2023) ANALISIS SEMIOTIKA PIERCE IKLAN SHAMPO HEAD & SHOULDERS JOE TASLIM X FADHIL JAIDI : “SIAPAKAH BRAND AMBASSADOR HEAD & SHOULDERS SELANJUTNYA?” DI MEDIA YOUTUBE. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
01 COVER.pdf Download (147kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
|
Text
03 PERNYATAAN ORISINALTAS.pdf Download (93kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (220kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (87kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (87kB) |
|
Text
09 BAB I.pdf Download (294kB) |
|
Text
10 BAB II.pdf Download (281kB) |
|
Text
11 BAB III.pdf Download (313kB) |
|
Text
12 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
13 BAB V.pdf Download (148kB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi , JANUARI 2023 Muhammad Yafie Zhafran Fadhil (2018140067) ANALISIS SEMIOTIKA PIERCE IKLAN SHAMPO HEAD & SHOULDER JOE TASLIM X FADHIL JAIDI : “SIAPAKAH BRAND AMBASSADOR HEAD & SHOULDERS SELANJUTNYA?” DI MEDIA YOUTUBE ABSTRAK Iklan memiliki kemampuan untuk mengubah sikap, perilaku, dan cara berpikir calon konsumen melalui pemanfaatan media massa. Iklan memuat informasi terkait produk melalui simbol berupa kata, gambar, warna, bentuk, dan suara untuk menarik penonton membeli produknya. Simbol-simbol berupa kata, gambar, warna, bentuk, dan suara merupakan objek tanda yang dalam pemaknaannya harus dibedah menggunakan ilmu tanda, yakni semiotika. Penelitian ini untuk menganalisa semiotika, pesan moral dan makna semiotika Peirce yang terkandung dalam iklan YouTube Joe Taslim X Fadhil Jaidi: Siapakah BA Head & Shoulders Selanjutnya?” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika dengan mengunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce yang mengklasifikasikan teori segitiga makna yang terdiri dari tiga unsur utama yaitu tanda konsep utama yang dijadikan sebagai bentuk interprestasi pesan, objek konteks sosial yang dalam implementasinya dijadikan aspek pemakna atau dirujuk oleh tanda tersebut, dan interpretan konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda ke suatu makna tertentu. Dalam skripsi ini menggunakan analisis terhadap pemilihan warna, gambar, dan kata yang muncul di tiap scene iklan tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan mengenai tanda, objek, dan interpretan tercantum dalam beberapa tanda seperti pemberian warna biru pada latar dan beberapa properti dari kedua talent, sinar matahari yang divisualkan sangat terik, dan gerakan aktivitas yang mengeluarkan keringat seperti meloncati pagar, namun bagian rambut kedua talent tetap segar, sesuai dengan keunggulan produk Head & Shoulders yang menonjolkan “Kesegaran”. Kata Kunci : Semiotika, Charles Sanders Peirce, Head & Shoulders, Referensi : Buku 10 Jurnal 5 Website 1 Dosen Pebimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M. Si
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:36 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:36 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13617 |
Actions (login required)
View Item |