ANALISIS SEMIOTIKA PIERCE IKLAN SHAMPO HEAD & SHOULDERS JOE TASLIM X FADHIL JAIDI : “SIAPAKAH BRAND AMBASSADOR HEAD & SHOULDERS SELANJUTNYA?” DI MEDIA YOUTUBE

Muhammad Yafie Zhafran Fadhil, Muhammad Yafie Zhafran Fadhil (2023) ANALISIS SEMIOTIKA PIERCE IKLAN SHAMPO HEAD & SHOULDERS JOE TASLIM X FADHIL JAIDI : “SIAPAKAH BRAND AMBASSADOR HEAD & SHOULDERS SELANJUTNYA?” DI MEDIA YOUTUBE. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (147kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN ORISINALTAS.pdf

Download (93kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (220kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (87kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
09 BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi , JANUARI 2023 Muhammad Yafie Zhafran Fadhil (2018140067) ANALISIS SEMIOTIKA PIERCE IKLAN SHAMPO HEAD & SHOULDER JOE TASLIM X FADHIL JAIDI : “SIAPAKAH BRAND AMBASSADOR HEAD & SHOULDERS SELANJUTNYA?” DI MEDIA YOUTUBE ABSTRAK Iklan memiliki kemampuan untuk mengubah sikap, perilaku, dan cara berpikir calon konsumen melalui pemanfaatan media massa. Iklan memuat informasi terkait produk melalui simbol berupa kata, gambar, warna, bentuk, dan suara untuk menarik penonton membeli produknya. Simbol-simbol berupa kata, gambar, warna, bentuk, dan suara merupakan objek tanda yang dalam pemaknaannya harus dibedah menggunakan ilmu tanda, yakni semiotika. Penelitian ini untuk menganalisa semiotika, pesan moral dan makna semiotika Peirce yang terkandung dalam iklan YouTube Joe Taslim X Fadhil Jaidi: Siapakah BA Head & Shoulders Selanjutnya?” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika dengan mengunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce yang mengklasifikasikan teori segitiga makna yang terdiri dari tiga unsur utama yaitu tanda konsep utama yang dijadikan sebagai bentuk interprestasi pesan, objek konteks sosial yang dalam implementasinya dijadikan aspek pemakna atau dirujuk oleh tanda tersebut, dan interpretan konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda ke suatu makna tertentu. Dalam skripsi ini menggunakan analisis terhadap pemilihan warna, gambar, dan kata yang muncul di tiap scene iklan tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan mengenai tanda, objek, dan interpretan tercantum dalam beberapa tanda seperti pemberian warna biru pada latar dan beberapa properti dari kedua talent, sinar matahari yang divisualkan sangat terik, dan gerakan aktivitas yang mengeluarkan keringat seperti meloncati pagar, namun bagian rambut kedua talent tetap segar, sesuai dengan keunggulan produk Head & Shoulders yang menonjolkan “Kesegaran”. Kata Kunci : Semiotika, Charles Sanders Peirce, Head & Shoulders, Referensi : Buku 10 Jurnal 5 Website 1 Dosen Pebimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M. Si

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 13 Jul 2023 00:36
Last Modified: 13 Jul 2023 00:36
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item