Representasi Maskulinitas Pada Iklan Perawatan Tubuh Pria Produk Rexona Men Dan Axe(Analisis Semiotika Roland Barthes)
Faddly Rhamadan, Faddly (2022) Representasi Maskulinitas Pada Iklan Perawatan Tubuh Pria Produk Rexona Men Dan Axe(Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (272kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (707kB) |
|
Text
3. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (377kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (346kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (379kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (400kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (182kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (362kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (927kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (735kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (664kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (546kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Desember 2021 Faddly Rhamadan 2017140264 “Representasi Maskulinitas Pada Iklan Perawatan Tubuh Pria Produk Rexona Men Dan Axe” (Analisis Semiotika Roland Barthes) ABSTRAK Semiotika pada iklan memaparkan bagaimana tanda-tanda dalam iklan bekerja untuk membuat sebuah interpretasi makna dalam iklan tersebut. Layaknya sebuah perangkat yang saling terhubung satu sama lain, iklan tidak hanya dibuat sebatas kepentigan promosi, melainkan membawa pesan verbal dan nonverbal. Mengetahui bahasa verbal itu tidak terlalu sulit sedangkan bahasa nonverbal dalam sebuah iklan terkadang membuat khalayak yang membaca dan melihatnya terheran-heran, lalu menafsirkan sendiri sesuai apa yang ada dalam pikiranya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Penetuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling ini adalah teknik mengambil informan atau narasumber dengan tujuan tertentu sesuai dengan tema penelitian karena orang tersebut dianggap memiliki informasi yang diperlukan oleh penelitian ini. Setelah dilakukan penelitian ditemukan makna denotasi dalam iklan ini adalah para talent yang melakukan aktivitas apapun menggunakan produk dari Rexona Men dan Axe terlebih dahulu. Makna konotasi dalam ikla ini dilihat melalui dari beberapa simbol yang tampak seperti setting, voice over, serta warna-warna. Makna konotasi yang terdapat dalam iklan tersebut ialah bahwa dengan menggunakan produk Rexona Men dan Axe para talent menjalani aktivitas sehari-hari lebih percaya diri dikarenakan badan mereka fresh bebas keringan dan aroma tubuhnya pun wangi. Mitos secara keseluruan ialah pria maskulin tidak hanya dari gaya berpakaian dan bentuk tubub yang atketis saja, namun pria maskulin melakukan kehidupan yang teratur, peduli terhadap perawatan tubuh agar tetap segar dan bebas keringat, menyukai hal-hal menantang, dan terus berusaha menjaga staminanya agar tetap bugar. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang diberikan yaitu iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi masa penggunaan talent sebaiknya dipilih dengan tingkat kepopilerannya sehingga masyarakat lebih tertarik memilhat para idolanya menggunakan atau memakai produk yang diiklankan, baik dari kalangan selebriti papan atas atau atlit nasional sekalipun. Kata Kunci : Semiotika Roland Barthes, Representasi Maskulinitas, Rexona, Axe Refrensi : 12 buku + 8 Jurnal + 7 website Pembimbing : Velda Ardia, S.I.Kom., M.Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 08:51 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 08:51 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9349 |
Actions (login required)
View Item |