Representasi Maskulinitas Pada Iklan Perawatan Tubuh Pria Produk Rexona Men Dan Axe(Analisis Semiotika Roland Barthes)

Faddly Rhamadan, Faddly (2022) Representasi Maskulinitas Pada Iklan Perawatan Tubuh Pria Produk Rexona Men Dan Axe(Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (272kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (707kB)
[img] Text
3. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (377kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (379kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (182kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (927kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (735kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (664kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (546kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Desember 2021 Faddly Rhamadan 2017140264 “Representasi Maskulinitas Pada Iklan Perawatan Tubuh Pria Produk Rexona Men Dan Axe” (Analisis Semiotika Roland Barthes) ABSTRAK Semiotika pada iklan memaparkan bagaimana tanda-tanda dalam iklan bekerja untuk membuat sebuah interpretasi makna dalam iklan tersebut. Layaknya sebuah perangkat yang saling terhubung satu sama lain, iklan tidak hanya dibuat sebatas kepentigan promosi, melainkan membawa pesan verbal dan nonverbal. Mengetahui bahasa verbal itu tidak terlalu sulit sedangkan bahasa nonverbal dalam sebuah iklan terkadang membuat khalayak yang membaca dan melihatnya terheran-heran, lalu menafsirkan sendiri sesuai apa yang ada dalam pikiranya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Penetuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling ini adalah teknik mengambil informan atau narasumber dengan tujuan tertentu sesuai dengan tema penelitian karena orang tersebut dianggap memiliki informasi yang diperlukan oleh penelitian ini. Setelah dilakukan penelitian ditemukan makna denotasi dalam iklan ini adalah para talent yang melakukan aktivitas apapun menggunakan produk dari Rexona Men dan Axe terlebih dahulu. Makna konotasi dalam ikla ini dilihat melalui dari beberapa simbol yang tampak seperti setting, voice over, serta warna-warna. Makna konotasi yang terdapat dalam iklan tersebut ialah bahwa dengan menggunakan produk Rexona Men dan Axe para talent menjalani aktivitas sehari-hari lebih percaya diri dikarenakan badan mereka fresh bebas keringan dan aroma tubuhnya pun wangi. Mitos secara keseluruan ialah pria maskulin tidak hanya dari gaya berpakaian dan bentuk tubub yang atketis saja, namun pria maskulin melakukan kehidupan yang teratur, peduli terhadap perawatan tubuh agar tetap segar dan bebas keringat, menyukai hal-hal menantang, dan terus berusaha menjaga staminanya agar tetap bugar. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang diberikan yaitu iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi masa penggunaan talent sebaiknya dipilih dengan tingkat kepopilerannya sehingga masyarakat lebih tertarik memilhat para idolanya menggunakan atau memakai produk yang diiklankan, baik dari kalangan selebriti papan atas atau atlit nasional sekalipun. Kata Kunci : Semiotika Roland Barthes, Representasi Maskulinitas, Rexona, Axe Refrensi : 12 buku + 8 Jurnal + 7 website Pembimbing : Velda Ardia, S.I.Kom., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:51
Last Modified: 05 Dec 2022 08:51
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9349

Actions (login required)

View Item View Item