Maysya Tri Putri, Putri (2024) Analisis Re-Branding Logo Halal Indonesia Dalam Perspektif Teori Gestalt. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
![]() |
Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (550kB) |
![]() |
Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
10 BAB I.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
11 BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
12 BAB III.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
13 BAB IV.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
14 BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KOSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Juli 2024 MAYSYA TRI PUTRI 2019140285 ANALISIS RE-BRANDING LOGO HALAL INDONESIA DALAM PERSPEKTIF TEORI GESTALT ABSTRAK Kementerian Agama Republik Indonesia melalui website dan akun instagram resminya pada Maret 2022 menetapkan dan merilis logo “Label Halal Indonesia”. Perilisan logo Label Halal Indonesia oleh Kementerian Agama tersebut mendapatkan berbagai respon dan pandangan bahkan memicu perdebatan dan saling berpendapat dari berbagai kalangan. Berlatar belakang dari berbagai polemik dan kontroversi desain baru logo Label Halal Indonesia tersebut, maka penelitian ini akan mencoba untuk mengungkap makna Logo Halal Indonesia dari perspektif teori Gestalt. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna apa saja yang terdapat dari Logo Halal Indonesia dan mengetahui elemen-elemen teori gestalt yang terdapat dalam logo halal Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data yaitu observasi terhadap bentuk, warna dan tipografi/tulisan pada logo hala Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa re-branding logo Halal Indonesia membawa perubahan signifikan dalam persepsi masyarakat terhadap produk halal. Perubahan tersebut terjadi karena penerapan prinsip-prinsip teori Gestalt yang menekankan kesamaan, kesatuan, keseimbangan, pengalaman dan kesederhanaan dalam desain logo baru. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang komunikasi visual dan branding, terutama dalam konteks budaya dan keagamaan di Indonesia. Kata Kunci : Re-branding, Logo Halal, Teori Gestalt, Kebudayaan Referensi : 4 Buku, 32 Jurnal, 4 Website Dosen Pembimbing : Daniel Handoko, S.I.Kom,M.Ikom.Ph.D
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 01:15 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:15 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/22131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |