Pelanggaran Etika Beriklan Di Media Sosial (Studi Kasus Iklan Minuman Gratis Holywings Di Instagram Tahun 2022)

Maretha Az Zuhriyah, Maretha (2023) Pelanggaran Etika Beriklan Di Media Sosial (Studi Kasus Iklan Minuman Gratis Holywings Di Instagram Tahun 2022). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (59kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text
3. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan _ Pengesahan.pdf

Download (132kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (66kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (129kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (71kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (79kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (76kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (104kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (663kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Terlepas dari aspek positif penggunaan social media, khususnya Instagram, tidak menutup kemungkinan juga terdapat sejumlah dampak negatif, seperti melanggar etika dengan menggunakan media sosial untuk menyebarkan berita palsu, fitnah, makian, hujatan, dan bahasa kasar lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk iklan minuman gratis Holywings yang melanggar etika beriklan di Instagram serta mengetahui pelanggaran etika beriklan yang dilakukan Holywings di Instagram. Semua pelaku iklan harus menjunjung tinggi Etika Periklanan yang sudah ditetapkan dalam suatu pedoman yaitu Etika Periklanan Indonesia (EPI) serta Undang-undang yang berlaku. Etika Periklanan Indonesia (EPI) berfungsi teori dasar yang digunakan dalam periklanan di Indonesia, juga berfungsi sebagai panduan untuk pembahasan masalah tersebut. Teori yang digunakan yaitu teori Kenneth E. Clow dan Donald E. Baac, 2010 tentang Komunikasi Pemasaran dan teori Graham Meikle, 2016 tentang media sosial. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan observasi terhadap artikel dan berita terkait serta wawancara terhadap informan untuk menunjang hasil dari penelitian ini. Satu postingan Instagram yang dibuat oleh Holywings menjadi subjek teknik analisis konten metode penelitian kualitatif kali ini. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu terdapat pelanggaran etika dalam beriklan di media sosial instagram yang dilakukan oleh Holywings, termasuk pelanggaran yang melibatkan konten yang menyinggung SARA dan illegal content. Kata Kunci : Pelanggaran etika, Beriklan, Media sosial, Instagram Daftar Pustaka : 32 Buku, 5 Jurnal, dan 2 Artikel Pembimbing : Agus Hermanto, S.I.K., M.I.Kom

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:45
Last Modified: 14 Dec 2023 02:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item