Pengaruh Manajemen Krisis Kasus Hacker Bjorka Terhadap Reputasi Kementrian Komunikasi Dan Informatika

MUHAMMAD AMAR FARHAN, FARHAN (2023) Pengaruh Manajemen Krisis Kasus Hacker Bjorka Terhadap Reputasi Kementrian Komunikasi Dan Informatika. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (233kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (156kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (298kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (308kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (295kB)
[img] Text
09 BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (537kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, Juli 2023 Nama :Muhammad Amar Farhan NPM : 2019140228 Judul : Pengaruh Manajemen Krisis Kasus Hacker Bjorka Terhadap Reputasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (xxxviii + 101 halaman, 3 gambar, 47 tabel, 6 lampiran) Perkembangan globalisasi menghilangkan batas-batas interaksi dan komunikasi. Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk siap menjaga data pribadi warganya. Munculnya hacker Bjorka adalah salah satu dampak dari globalisasi dan ketidaksiapan pemerintah dalam menjaga data pribadi warganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh dari manajemen krisis kasus hacker Bjorka terhadap reputasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penelitian ini menggunakan dua teori, yaitu teori manajemen krisis dengan muatan perencanaan manajemen krisis, upaya menanggulangi krisis, dan peran public relations serta teori reputasi dengan muatan behavior, performance, dan communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan kuisioner. Dengan menggunakan sebanyak 90 responden yang dipilih berdasarkan hitungan rumus dan menggunakan stratified random sampling untuk menentukan besar sampel tiap tingkat dari responden yang telah ditentukan. Hasil pada penelitian ini, yaitu: a) Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan manajemen krisis dengan baik sesuai dengan teori manajemen krisis; b) Kementerian Komunikasi dan Informatika berhasil menjaga reputasinya dari ancaman krisis yang terjadi akibat hacker Bjorka; c) Ada pengaruh antara manajemen krisis kasus hacker Bjorka terhadap reputasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dengan ini maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Besaran pengaruh yang diberikan dari manajemen krisis terhadap reputasi sebesar 42,6%. Kata Kunci : Manajemen Krisis; Reputasi; Hacker; Citra; Public Relations. Referensi : 12 Buku + 30 Jurnal Pembimbing Skripsi : Dr. Sa’diyah El Adawiyah, M.Si. vi ABSTRACT MUHAMMADIYAH JAKARTA UNIVERSITY FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES COMMUNICATION STUDIES PROGRAM PUBLIC RELATIONS Thesis, Juli 2023 Name : Muhammad Amar Farhan NPM : 2019140228 Title : The Influence of The Crisis Management of The Bjorka Hacker Case on The Reputation of The Ministry of Communication and Informatics (xxxviii + 102 Pages, 3 Images, 47 Tables, 6 Attachments) The development of globalization removes the boundaries of interaction and communication. This is a challenge for the government to be ready to safeguard the personal data of its citizens. The emergence of the Bjorka hacker is one of the effects of globalization and the government’s unpreparedness in protecting the personal data of its citizens. The purpose of this study is to measure how much influence the crisis management of the Bjorka hacker case has on the reputation of the Ministry of Communication and Informatics. This study uses two theories, namely crisis management theory with a content of crisis management planning, efforts to overcome crises, and the role of public relations and reputation theory with content of behavior, performance and communication. This research used a quantitative approach was used using a survey method with a questionnaire. By using as many as 90 respondents who were selected based on the calculation of the formula and by using stratified random sampling to determine the sample size for each level of the respondents who have been determined. The results of this study are: a) The Ministry of Communication and Informatics has carried out crisis management well according to crisis management theory; b) The Ministry of Communication and Informatics managed to maintain its reputation from the threat of a crisis caused by Bjorka’s hacker; c) There is an influence between the crisis management of the Bjorka hacker case on the reputation of the Ministry of Communication and Informatics. With this, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. The amount of influence exerted by crisis management on reputation is 42,6%. Keywords : Crisis Management; Reputation; Hacker; Images; Public Relations References : 12 Books + 30 Journals Lecture : Dr. Sa’diyah El Adawiyah, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:45
Last Modified: 14 Dec 2023 02:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item View Item