Pemberdayaan Penyandang Autism Spectrum Disorder Melalui Keterampilan Melukis Di Yayasan Pendidikan Dan Pelatihan Remaja Spesial
Mutiara Nabila, Nabila (2024) Pemberdayaan Penyandang Autism Spectrum Disorder Melalui Keterampilan Melukis Di Yayasan Pendidikan Dan Pelatihan Remaja Spesial. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (140kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (353kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (360kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (159kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (82kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (218kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (260kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (101kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (347kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (116kB) |
|
Text
15. BAB VI.pdf Download (89kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI KESEJAHTERAAN SOSIAL Skripsi, Juli 2024 Mutiara Nabila PEMBERDAYAAN PENYANDANG AUTISM SPECTRUM DISORDER MELALUI KETERAMPILAN MELUKIS DI YAYASAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN REMAJA SPECIAL XVI+85 HalamanĀ¬+3 Tabel+1 Gambar+12 Lampiran ABSTRAK Penyandang ASD (Autism Spectum Disorder) sering menghadapi tantangan dalam aspek kognitif, motorik, sosial, dan emosional, yang menghambat kemampuan mereka untuk berfungsi secara optimal dalam kehidupan sehari-hari. Pemberdayaan melalui program keterampilan, seperti melukis, dapat menjadi solusi untuk mengatasi hambatan ini dan membantu penyandang ASD (Autism Spectum Disorder) mencapai potensi penuh mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pelatihan keterampilan melukis terhadap konsentrasi, motorik, kreativitas, dan kemandirian penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder) di Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Remaja Spesial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan melukis dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder). Anak-anak yang sebelumnya sulit fokus dapat menunjukkan peningkatan durasi perhatian saat melukis dan kemampuan motorik juga mengalami peningkatan. Melalui melukis, anak-anak menjadi lebih terampil dalam mengontrol gerakan tangan dan memperbaiki koordinasi mata-tangan, yang berimbas pada peningkatan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, pelatihan keterampilan melukis terbukti meningkatkan kreativitas penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder), mereka mampu mengekspresikan ide dan emosi melalui karya seni. Daftar Pustaka : 28 Referensi (2000 - 2019) Kata Kunci : Pemberdayaan, Penyandang Autism Spectrum Disorder, Keterampilan Melukis
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:04 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:04 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/21995 |
Actions (login required)
View Item |