Kemampuan Adaptasi Sosial Anak Berkebutuhan Khusu (Slow Learner) Di Sekolah Inklusi SDN Cimone 7 Kota Tangerang

Zena Huwayna, Zena (2024) Kemampuan Adaptasi Sosial Anak Berkebutuhan Khusu (Slow Learner) Di Sekolah Inklusi SDN Cimone 7 Kota Tangerang. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (100kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (312kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (531kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (172kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (86kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf

Download (251kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
15 BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL Skripsi, 30 Oktober 2023 ZENA HUWAYNA NPM 2019110094 KEMAMPUAN ADAPTASI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (SLOW LEARNER) DI SDN CIMONE 7 KOTA TANGERANG XVI + 113 + 2 Tabel + 11 Lampiran ABSTRAK Siswa slow learner merupakan anak dengan perkembangan atau prestasi belajarnya lebih rendah karena mempunyai kemampuan kecerdasan yang lebih rendah dari rata-rata, Siswa slow learner tidak hanya memiliki keterbatasan dalam intelektualnya saja, tetapi dalam hal sosial pun mereka mengalami keterbatasan. Hal pokok yang sangat dibutuhkan oleh siswa slow learner agar mereka dapat beradaptasi yaitu mereka dapat diterima dan berkontribusi oleh lingkungan sekitarnya sekalipun dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses adaptasi sosial serta mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat siswa slow learner di sekolah inklusi SDN Cimone 7 Kota Tangerang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan beberapa sumber data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan informan. Informan pada penelitian ini berjumlah 7 yaitu 2 orang Guru, 1 orang GPK, 2 Siswa Regular, dan 2 Siswa Slow Learner dengan memakai teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini proses adaptasi siswa slow learner di sekolah SDN Cimone 7 dilihat dari beberapa aspek, pengakuan (recognition), partisipasi (participation), (social approval, altruisme (altruism), kesesuaian (conformity). Terdapat faktor pendukung seperti sekolah inklusi sudah menyesuaikan sistem, kurikulum, metode pembelajaran dan menyediakan tenaga pengajar khusus (GPK) sesuai dengan yang dibutuhkan siswa slow learner untuk adaptasi yang baik, dan faktor penghambat siswa slow learner belum sepenuhnya diterima oleh siswa regular karna keterbatasan yg dimiliki, siswa slow learner selalu tertinggal pada saat belajar, masalah komunikasi dan emosi yg tidak stabil menyebabkan perselisihan. Daftar Pustaka : 35 Referensi (1978-2021) Kata Kunci : Slow learner, Adaptasi Sosial, Sekolah Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 09 Jan 2025 09:46
Last Modified: 09 Jan 2025 09:46
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/21969

Actions (login required)

View Item View Item