Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Poco Smartphone (Survei Pada Grup Facebook Poco X3|X3 PRO|X3 GT Indonesia)

AMMAR FAKHRUDIN, AMMAR (2023) Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Poco Smartphone (Survei Pada Grup Facebook Poco X3|X3 PRO|X3 GT Indonesia). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. COVER HALAMAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (179kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (39kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (208kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (260kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf

Download (534kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, September 2023 Ammar Fakhrudin 2019140081 PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POCO SMARTPHONE (Survei Pada Grup Facebook Poco X3|X3 PRO|X3 GT Indonesia). (125 hal + Lampiran) ABSTRAK Viral Marketing merupakan pemasaran Word of Mouth versi digital, meliputi penciptaan video, iklan, dan konten pemasaran lainnya yang sangat menular hingga pelanggan akan mencari atau membagikannya kepada teman. Poco Smartphone merupakan salah satu produk yang menerapkan kegiatan viral marketing dengan cara melakukan launching produk yang berbeda dengan yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui viral marketing, keputusan pembelian, dan besar pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian Poco Smartphone. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran, teori viral marketing, teori social media, dan teori Keputusan Pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah anggota grup Facebook Poco X3|X3 PRO|X3 GT Indonesia sebanyak 2464 dan sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengambilan data sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan hasil, bahwa terdapat pengaruh antara 1) viral marketing memberikan hasil yang baik dari pernyataan pada setiap dimensi messengers, messages, dan environment dengan perolehan rata-rata sebesar 4,19. 2) keputusan pembelian memberikan hasil yang baik dari pernyataan setiap dimensi seperti Pengenalan Masalah, Pencarian Informasi, Evaluasi Alternatif, Keputusan Membeli, dan Perilaku Pasca Pembelian dengan rata-rata sebesar 4,26. 3) Pengaruh viral marketing terhadap Keputusan Pembelian smartphone Poco memiliki tingkat pengaruh yang tinggi, terlihat dari besarnya nilai korelasi (r) sebesar 0,866 dan nilai R Square sebesar 0,749 yang artinya variabel X (Viral Marketing) dipengaruhi oleh variabel Y (Keputusan Pembelian) sebesar 74,9%, sementara sisanya yaitu 25,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian ini. Kata Kunci : Advertising, Viral Marketing, Keputusan Pembelian Referensi : 11 Buku, 9 Jurnal, dan 4 Website Pembimbing : Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:05
Last Modified: 14 Dec 2023 02:05
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17348

Actions (login required)

View Item View Item