Penanganan Komplain Pada Aplikasin “SIARAN” Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan

Imam Chairudin, Imam (2023) Penanganan Komplain Pada Aplikasin “SIARAN” Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan. Thesis (S2) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (118kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (5kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12kB)
[img] Text
09 BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (136kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Nama : Imam Chairudin NPM : 20210120160002 Judul Tesis : Penanganan Komplain Pada Aplikasin “SIARAN” Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan Dosen Pembimbing : Dr. Muh.Kadarisman, SH., M.Si Dalam beberapa tahun terakhir, istilah Smart City atau yang sering disebut juga sebagai Smart City menjadi sangat populer di kalangan penduduk, baik melalui media cetak atau juga melalui media sosial. Kota Tangerang Selatan memulai hal tersebut dari sebuah aplikasi mobile pengaduan masyarakat yang terinspirasi dari karakteristik Smart City yaitu Smart Mobility dan Smart Living. Smart Mobility diangkat karena masyarakat sekarang hidup di era digital, dimana sehari-hari bergelut dengan Handphone untuk mengakses apapun. Sedangkan Smart Living, salah satu karakteristik Smart City yang menginginkan hidup berjalan aman dan dalam dari masalah apapun yang ada disekitar. Aplikasi mobile SIARAN mengusung dua isu tersebut agar setiap kejadian bisa langsung diadukan melalui aplikasi. Aplikasi mobile SIARAN menganalisa fungsi dan manfaat yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan menganalisa pengelolaan dan partisipasi masyarakat Kota Tangerang Selatan dalam penggunaan aplikasi mobile. Konsep dan teori pendukung dalam penelitian ini yaitu komunikasi, komunikasi pembangunan, public relations di era digital, model komunikasi public relations, public relations government, publikasi, sosialisasi, Smart City, dan aplikasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan penanganan komplain aplikasi mobile “SIARAN” di Diskominfo Kota Tangerang Selatan serta serta apa hambatan-hambatan yang ada dalam pada aplikasi tersebut. Teori yang digunakan untuk analisis penelitian ini menggunakan teori dari George C. Edwards III dengan empat variabel dalam kebijakan publik yaitu komunikasi (communications), sumber daya (resources), sikap (dispositions atau attitudes) dan struktur birokrasi (bureucratic structure). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah cara penanganan komplain di aplikasi SIARAN tidak fast respon dan terlalu panjang alurnya selain itu masalah yang terjadi di aplikasi SIARAN berupa masalah pengintegrasian dengan aplikasi SP4N LAPOR sehingga Diskominfo Kota Tangerang Selatan membuka selebar-lebarnya pelaporan diberbagai aplikasi dan media seperti SP4N LAPOR, di siaran Tangsel dan via media (media cetak, media online dan media elektronik lainnya). Kata Kunci : Penanganan Komplain, Aplikasi SIARAN Referensi : 43 buku dan 17 jurnal Jumlah Halaman : xii + 88 halaman

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Administrative Science / Magister Ilmu Administrasi (MIA)
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:30
Last Modified: 28 Jul 2023 01:30
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item View Item