Inovasi Pelayanan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) Di BPJS Kesehatan Tangerang Selatan
Lita Kartikasari, Lita (2022) Inovasi Pelayanan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) Di BPJS Kesehatan Tangerang Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (93kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (399kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (506kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (168kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (81kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (81kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (194kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (299kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (97kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (301kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (186kB) |
|
Text
15. BAB VI.pdf Download (88kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : LITA KARTIKASARI Program Studi : Administrasi Publik Judul : Inovasi Pelayanan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di BPJS Kesehatan TangerangSelatan Jumlah Halaman : 93 Halaman Pelayanan dengan prosedur yang mudah, cepat, dan tepat memudahkan masyarakat. Masyarakat seringkali merasakan prosedur rumit dalam pelayanan BPJS Kesehatan yang disebabkan kurang lengkapnya informasi dari petugas sehingga menyebabkan antrean dan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan jadi lama. Sebagai upaya meningkatkan kepastian jaminan kesehatan bagi masyarakat, BPJS Kesehatan berinovasi melalui aplikasi Mobile JKN. Tujuan penelitian mengetahui dan menganalisis Inovasi Pelayanan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di BPJS Kesehatan Tangerang Selatan. Teori penelitian ini menggunakan teori inovasi pelayanan publik menurut Everett M. Rogers. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari 5 (lima) indikator bahwa dengan keunggulan relatif (relative advantages), pengguna aplikasi Mobile JKN memperoleh manfaat berupa fitur-fitur dalam aplikasi Mobile JKN mengakomodir hampir semua pelayanan BPJS Kesehatan sehingga tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan Tangerang Selatan. Kesesuaian (compatibility), aplikasi Mobile JKN sudah terintegrasi dengan fasilitas kesehatan sehingga dapat membantu mengurangi panjang antrean dan meningkatkan kualitas pelayanan serta dalam aplikasi Mobile JKN terdapat fitur FAQ (Frequently Asked Question) yang berisi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta BPJS Kesehatan. Kerumitan (complexity), langkah-langkah untuk mengakses fitur-fitur aplikasi Mobile JKN relatif sederhana dengan penggunaan bahasa yang mudah untuk dipahami, terdapat beberapa hambatan seperti susah login jika nomor handphone tidak sinkron, lupa kata sandi, dan sosialisasi kepada masyarakat masih kurang. Kemampuan diujicobakan (triability), fitur-fitur aplikasi Mobile JKN dapat digunakan tergantung kuatnya jaringan internet, tetapi fitur Skrining Mandiri Covid-19 tidak dapat diakses meskipun jaringan internet stabil. Kemampuan diamati (observability), hasil dari pelayanan BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN dapat dengan mudah diamati, salah satunya ketika perubahan data dapat dilihat melalui Kartu Peserta Digital dan hasil skrining kesehatan. Kata Kunci : Inovasi Pelayanan, Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan. Referensi : 15 Buku Pembimbing : Nida Handayani, S.IP, M.Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Public Administration Science / Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 02:54 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 02:54 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9329 |
Actions (login required)
View Item |