Repository UMJ

Search for collections on Repository UMJ

Pengaruh Tayangan Debat Calon Presiden Di Media Penyiaran Multi Platform Terhadap Partisipasi Politik Pada Pemilu 2024 (Survei Pada Mahasiswa FISIP UMJ Angkatan 2020)

Siti Mutyasari, Mutyasari (2024) Pengaruh Tayangan Debat Calon Presiden Di Media Penyiaran Multi Platform Terhadap Partisipasi Politik Pada Pemilu 2024 (Survei Pada Mahasiswa FISIP UMJ Angkatan 2020). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (219kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN & LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (62kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (375kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (425kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN LIMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI BROADCASTING Skripsi, Juli 2024 Siti Mutyasari 20200110400024 Pengaruh Tayangan Debat Calon Presiden Di Media Multi Platform Terhadap Partisipasi Politik Pada Pemilu 2024 ABSTRAK Partisipasi politik merupakan aspek penting dalam sebuah tatanan negara demokrasi, sekaligus merupakan ciri khas adanya modernisasi politik. Partisipasi politik berpengaruh terhadap legitimasi masyarakat terhadap jalannya suatu pemerintahan. Pelaksanaan partisipasi politik salah satunya dilakukan melalui Pemilihan Umum (Pemilu). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tayangan debat calon presiden di media penyiaran multi platform terhadap partisipasi politik mahasiswa FISIP UMJ angkatan 2020. Penelitian ini mempunyai variabel bebas, yaitu tayangan debat capres dengan dimensi frekuensi, atensi, dan durasi, serta memiliki variabel terikat, yaitu memberikan hak suara pada pemilu, mengadakan lobi dengan pejabat, menjadi anggota partai politik. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner secara online kepada responden melalui Google Form yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari sampel Mahasiswa FISIP UMJ angkatan 2020 yang aktif menonton tayangan debat capres dan mengetahui tentang partisipasi politik, dengan jumlah responden terpilih sebanyak 66 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunakan Skala Likert. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh antara tayangan debat capres terhadap partisipasi politik yang memiliki nilai sebesar sebesar 0,736 atau sebesar 73,6% yang berarti Tayangan Debat Capres mempengaruhi Partisipasi Politik sebesar 73,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Tayangan Debat Calon Presiden, Partisipasi Politik, Pemilu Daftar Pustaka : 12 Buku, 20 Jurnal Dosen Pembimbing : Mulkan Habibi, S.Kom.I, M.I.Kom. UNIVERSITY OF MUHAMMDIYAH JAKARTA FACULTY OF ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK COMMUNICATION STUDIES PROGRAM CONSENSUS BROADCASTING Thesis, Juli 2024 Siti Mutyasari 20200110400024 The Influence of Presidential Candidate Debate Broadcasts on Multi-Platform Media on Political Participation in the 2024 Election ABSTRACT Political participation is an important aspect in a democratic state structure, as well as a characteristic feature of political modernization. Political participation influences the legitimacy of society regarding the running of a government. One way of implementing political participation is through General Elections (Pemilu). The aim of this research is to determine the influence of presidential candidate debate broadcasts on multi-platform broadcast media on the political participation of FISIP UMJ student class of 2020. This research has an independent variable, namely presidential candidate debate broadcasts with the dimensions of frequency, attention and duration, and has a dependent variable, namely providing voting rights in elections, lobbying with officials, becoming a member of a political party. This research method uses a survey method by distributing questionnaires online to respondents via Google Form which aims to collect data from a sample of 2020 FISIP UMJ students who actively watch presidential candidate debates and know about political participation, with a total of 66 respondents selected. The data collection tool uses a questionnaire using a Likert Scale. The results of this research show that the presidential debate broadcast has an influence on political participation, which has a value of 0.736 or 73.6%, which means that the presidential debate broadcast influences political participation by 73.6% and the rest is influenced by other factors. Keywords: Shows of Presidential Candidate Debate, Political Participation, Elections References: 12 Book, 20 Jounals Supervisor: Mulkan Habibi, S.Kom.I, M.I.Kom.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:16
Last Modified: 17 Feb 2025 01:16
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/22153

Actions (login required)

View Item View Item