Muhammad Rafid Alfattah, Rafid (2024) Manajemen Krisis Bank Syariah Indonesia Dalam Membentuk Citra Positif. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
![]() |
Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
09 BAB I.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
10 BAB II.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
11 BAB III.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
12 BAB IV.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
13 BAB V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, Agustus 2023 Muhammad Rafid Alfattah 2019140002 MANAJEMEN KRISIS BANK SYARIAH INDONESIA DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF ABSTRAK Berdirinya sebuah perusahaan atau organisasi pasti akan melewati masa-masa sulit dalam perkembangannya. Masa sulit yang terjadi pada perusahaan tentu kehadirannya tidak diinginkan karena dapat menimbulkan dampak negatif dan membahayakan keberlangsungan perusahaan atau organisasi tersebut. Public Relations yang berperan pada sebuah perusahaan harus memiliki keahlian yaitu manajemen krisis untuk mempermudah menyelesaikan krisis yang terjadi pada perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen krisis Bank Syariah Indonesia dalam membentuk citra positif. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Public Relations manajemen krisis yang dikemukakan oleh W.Timoothy Coombs meliputi pra krisis, respon krisis, dan pasca krisis. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen krisis yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia melewati 3 tahapan yaitu pra krisis, respon krisis, dan pasca krisis. Pada tahapan pra krisis menunjukan bahwa bank syariah Indonesia mempersiapkan serta mengidentifikasi krisis dengan cara monitoring setiap hari dan saat terjadinya krisis atau tahap respon krisis bank syariah Indonesia tetap melakukan kegiatan monitoring ditambah dengan mapping untuk menyusun strategi serta taktik yang digunakan pada saat krisis terjadi. Setelah krisis atau tahapan pasca krisis Bank Syariah Indonesia melakukan communication summit untuk menyampaikan visi misi kepada pihak internal untuk lebih siap menghadapi krisis yang akan datang. Dengan menggandeng brand ambassador Putri Ariani Bank Syariah Indonesia meyemangati pihak internal dengan cerita kehidupan dari brand ambassador mereka, dengan adanya krisis yang terjadi membuat perubahan pada Bank Syariah Indonesia dimana BSI lebih semangat dalam memberikan kenyamanan serta keamanan kepada nasabah. Kata kunci : Public Relation, Manajemen Krisis, Citra Referensi : Buku 9, Jurnal 6, Internet 1. Pembimbing : Dr. Sa’diyah El Adawiyah, M, Si. MUHAMMADIYAH UNIVERSITY JAKARTA FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE COMMUNICATION SCIENCE STUDY PROGRAM PUBLIC RELATIONS CONCENTRATION Thesis, August 2023 Muhammad Rafid Alfattah 2019140002 CRISIS MANAGEMENT OF INDONESIAN ISLAMIC BANKS IN SHAPING A POSITIVE IMAGE ABSTRACT The establishment of a company or organization will definitely go through difficult times in its development. The difficult times that occur in the company are certainly unwanted because they can have a negative impact and endanger the sustainability of the company or organization. Public Relations that play a role in a company must have expertise, namely crisis management to make it easier to resolve crises that occur in the company. The purpose of this study was to determine the crisis management of Bank Syariah Indonesia in shaping a positive image. The theory used in this research is Public Relations crisis management proposed by W. Timoothy Coombs including pre-crisis, crisis response, and post- crisis. This research approach is qualitative with descriptive method. The data collection techniques used are interviews and observations. The results of this study show that the crisis management carried out by Bank Syariah Indonesia goes through 3 stages, namely pre-crisis, crisis response, and post-crisis. In the pre-crisis stage, it shows that Bank Syariah Indonesia prepares and identifies crises by monitoring every day and when a crisis occurs or the crisis response stage, Bank Syariah Indonesia continues to carry out monitoring activities coupled with mapping to develop strategies and tactics used when a crisis occurs. After the crisis or post-crisis stage, Bank Syariah Indonesia conducts a communication summit to convey the vision and mission to internal parties to be better prepared for the upcoming crisis. By cooperating with brand ambassador Putri Ariani, Bank Syariah Indonesia encourages internal parties with life stories from their brand ambassadors, with the crisis that occurred making changes to Bank Syariah Indonesia where BSI is more enthusiastic in providing comfort and security to customers. Keywords : Public Relations, Crisis Management, Image References : Book 9, Journal 6, Internet 1. Advisor : Dr. Sa'diyah El Adawiyah, M, Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:07 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/22016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |