Pemberdayaan Penyandang Autism Spectrum Disorder Melalui Keterampilan Melukis Di Yayasan Pendidikan Dan Pelatihan Remaja Spesial

Mutiara Nabila, Nabila (2024) Pemberdayaan Penyandang Autism Spectrum Disorder Melalui Keterampilan Melukis Di Yayasan Pendidikan Dan Pelatihan Remaja Spesial. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (140kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (82kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (260kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (101kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (347kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI KESEJAHTERAAN SOSIAL Skripsi, Juli 2024 Mutiara Nabila PEMBERDAYAAN PENYANDANG AUTISM SPECTRUM DISORDER MELALUI KETERAMPILAN MELUKIS DI YAYASAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN REMAJA SPECIAL XVI+85 HalamanĀ¬+3 Tabel+1 Gambar+12 Lampiran ABSTRAK Penyandang ASD (Autism Spectum Disorder) sering menghadapi tantangan dalam aspek kognitif, motorik, sosial, dan emosional, yang menghambat kemampuan mereka untuk berfungsi secara optimal dalam kehidupan sehari-hari. Pemberdayaan melalui program keterampilan, seperti melukis, dapat menjadi solusi untuk mengatasi hambatan ini dan membantu penyandang ASD (Autism Spectum Disorder) mencapai potensi penuh mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pelatihan keterampilan melukis terhadap konsentrasi, motorik, kreativitas, dan kemandirian penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder) di Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Remaja Spesial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan melukis dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder). Anak-anak yang sebelumnya sulit fokus dapat menunjukkan peningkatan durasi perhatian saat melukis dan kemampuan motorik juga mengalami peningkatan. Melalui melukis, anak-anak menjadi lebih terampil dalam mengontrol gerakan tangan dan memperbaiki koordinasi mata-tangan, yang berimbas pada peningkatan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, pelatihan keterampilan melukis terbukti meningkatkan kreativitas penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder), mereka mampu mengekspresikan ide dan emosi melalui karya seni. Daftar Pustaka : 28 Referensi (2000 - 2019) Kata Kunci : Pemberdayaan, Penyandang Autism Spectrum Disorder, Keterampilan Melukis

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:04
Last Modified: 16 Jan 2025 07:04
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/21995

Actions (login required)

View Item View Item