Representasi Kecsntikan Rambut Perempuan Dalam Iklan Youtube Dove Indonesia Versi “Rambutku Mahkotaku” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Rahma Ismianti, Rahma (2023) Representasi Kecsntikan Rambut Perempuan Dalam Iklan Youtube Dove Indonesia Versi “Rambutku Mahkotaku” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1.Halaman judul.pdf

Download (93kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (94kB)
[img] Text
3.Surat Pernyataan Orisinilitas.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4.Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (407kB)
[img] Text
5.Kata Pengantar.pdf

Download (82kB)
[img] Text
6.Daftar Isi.pdf

Download (73kB)
[img] Text
7.Daftar Tabel.pdf

Download (57kB)
[img] Text
8.Daftar Gambar.pdf

Download (41kB)
[img] Text
9.Daftar Lampiran.pdf

Download (42kB)
[img] Text
10.BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11.BAB II.pdf

Download (207kB)
[img] Text
12.BAB III.pdf

Download (29MB)
[img] Text
13.BAB IV.pdf

Download (42MB)
[img] Text
14.Bab V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
15.Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Mei 2023 RAHMA ISMIANTI 2019140153 Representasi Kecantikan Rambut Perempuan Dalam Iklan Youtube Dove Indonesia Versi “Rambutku Mahkotaku” (Analisis Charles Sanders Peirce) ABSTRAK Perempuan sering kali dihadapkan masalah yang menyebabkan kehilangan kepercayaan diri dalam penampilannya. Dove menjadi salah satu brand yang hadir untuk mendukung semua perempuan untuk percaya diri melalui iklan-iklannya. Iklan Youtube Dove Indonesia versi “Rambutku Mahkotaku” berisi tentang perempuan-perempuan yang menceritakan komentar negatif pada rambutnya. Tujuan penelitian mengetahui konstruksi realitas sosial dan mengungkapkan makna dalam iklan menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce. Teori yang digunakan teori konstruksi realitas, iklan, iklan media sosial, representasi, kecantikan perempuan, rambut, semiotika dan semiotika Charles Sanders Peirce. Pendekatan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik Pengumpulan data yaitu analisis isi video dengan metode analisis teks. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan konstruksi dalam iklan youtube Dove Indonesia versi “rambutku mahkotaku” sangat bertolak belakang dengan iklan lainnya, perempuan digambarkan dengan self esteem dan kepercayaan dirinya atas kecantikan rambut yang beragam. Mengarah pada konsep kecantikan modern dan post modern. Iklan ini mengungkapkan makna bahwa perempuan memiliki rambut yang beragam. Keberagaman rambut perempuan perlahan akan menggeser konsep cantik pada rambut ideal dengan membangun self esteem dan kepercayaan diri dengan mencintai dan menerima perbedaan dalam dirinya. Kata Kunci : Charles Sanders Peirce, Iklan, Semiotika, Representasi, Rambut Refrensi : 19 Buku + 6 Jurnal + 10 Website Pembimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:15
Last Modified: 14 Dec 2023 02:15
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17367

Actions (login required)

View Item View Item