Representasi Kecsntikan Rambut Perempuan Dalam Iklan Youtube Dove Indonesia Versi “Rambutku Mahkotaku” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)
Rahma Ismianti, Rahma (2023) Representasi Kecsntikan Rambut Perempuan Dalam Iklan Youtube Dove Indonesia Versi “Rambutku Mahkotaku” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1.Halaman judul.pdf Download (93kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (94kB) |
|
Text
3.Surat Pernyataan Orisinilitas.pdf Download (206kB) |
|
Text
4.Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (407kB) |
|
Text
5.Kata Pengantar.pdf Download (82kB) |
|
Text
6.Daftar Isi.pdf Download (73kB) |
|
Text
7.Daftar Tabel.pdf Download (57kB) |
|
Text
8.Daftar Gambar.pdf Download (41kB) |
|
Text
9.Daftar Lampiran.pdf Download (42kB) |
|
Text
10.BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
11.BAB II.pdf Download (207kB) |
|
Text
12.BAB III.pdf Download (29MB) |
|
Text
13.BAB IV.pdf Download (42MB) |
|
Text
14.Bab V.pdf Download (77kB) |
|
Text
15.Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Mei 2023 RAHMA ISMIANTI 2019140153 Representasi Kecantikan Rambut Perempuan Dalam Iklan Youtube Dove Indonesia Versi “Rambutku Mahkotaku” (Analisis Charles Sanders Peirce) ABSTRAK Perempuan sering kali dihadapkan masalah yang menyebabkan kehilangan kepercayaan diri dalam penampilannya. Dove menjadi salah satu brand yang hadir untuk mendukung semua perempuan untuk percaya diri melalui iklan-iklannya. Iklan Youtube Dove Indonesia versi “Rambutku Mahkotaku” berisi tentang perempuan-perempuan yang menceritakan komentar negatif pada rambutnya. Tujuan penelitian mengetahui konstruksi realitas sosial dan mengungkapkan makna dalam iklan menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce. Teori yang digunakan teori konstruksi realitas, iklan, iklan media sosial, representasi, kecantikan perempuan, rambut, semiotika dan semiotika Charles Sanders Peirce. Pendekatan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik Pengumpulan data yaitu analisis isi video dengan metode analisis teks. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan konstruksi dalam iklan youtube Dove Indonesia versi “rambutku mahkotaku” sangat bertolak belakang dengan iklan lainnya, perempuan digambarkan dengan self esteem dan kepercayaan dirinya atas kecantikan rambut yang beragam. Mengarah pada konsep kecantikan modern dan post modern. Iklan ini mengungkapkan makna bahwa perempuan memiliki rambut yang beragam. Keberagaman rambut perempuan perlahan akan menggeser konsep cantik pada rambut ideal dengan membangun self esteem dan kepercayaan diri dengan mencintai dan menerima perbedaan dalam dirinya. Kata Kunci : Charles Sanders Peirce, Iklan, Semiotika, Representasi, Rambut Refrensi : 19 Buku + 6 Jurnal + 10 Website Pembimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 02:15 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 02:15 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17367 |
Actions (login required)
View Item |