Aaktivitas Marketing Public Relations Dalam Mempertahankan Hubungan Eksternal Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif pada Perseroan Terbatas Samiaji Inti Prima)

HARNO, HARNO (2023) Aaktivitas Marketing Public Relations Dalam Mempertahankan Hubungan Eksternal Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif pada Perseroan Terbatas Samiaji Inti Prima). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (21kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (227kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (365kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (164kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (83kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09 BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (607kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf

Download (349kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations Skripsi, Agustus 2023 HARNO Aktivitas Marketing Public Relations Dalam Mempertahankan Hubungan Eksternal Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Pada Perseroan Terbatas Samiaji Inti Prima) 103 halaman + 2 Gambar + 5 Tabel Pandemi covid-19 berdampak signifikan terhadap beberapa industri dan sektor bisnis di Indonesia. PT Samiaji Inti Prima, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang permesinan tekstil dan suku cadang untuk memproduksi kain wool juga mengalami kendala pada saat pandemi, yaitu terjadinya keterlambatan pengiriman peralatan suku cadang dari impor sehingga menyebabkan komplain dari pelanggan yang merasa kecewa. Setelah berhasil menyelesaikan masalah komplain tersebut, Marketing Public Relation PT Samiaji Inti Prima kemudian berusaha menjaga stabilitas hubungan yang sudah terjali baik dengan pihak eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktivitas Marketing Public Relations PT Samiaji Inti Prima yang dijalankan dalam mempertahankan hubungan eksternal pasca pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Thomas L. Harris dalam Ruslan (2016) mengenai aktivitas Marketing Pubic Relations. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam menghadapi situasi ini, tim Marketing Public Relations mengambil inisiatif dengan melakukan empat aktivitas Marketing Public Relations diantaranya publikasi, event, inform or image dan lobbying. Publikasi dilakukan dengan mengadakan seminar daring, untuk merespons komplain dari para pelanggan, kemudian dilanjutkan dengan proses lobbying & negotiation dimana pada akhirnya mencapai kesepakatan bahwa dana akan dikembalikan lima puluh persen sebagai ganti rugi dan pelanggan tersebut akan mendapatkan free service selama waktu tertentu. Aktivitas Marketing Public Relations melalui event tetap digelar melalui pameran dimana acara ini berpotensi untuk mendatangkan customer baru. Aspek inform or image dilakukan sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan event dimana tim Marketing Public Relations akan menghubungi calon pelanggan untuk memasarkan produk. Kata kunci : Aktivitas, Hubungan Eksternal, Marketing Public Relations, Pasca Pandemi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 01 Dec 2023 00:35
Last Modified: 01 Dec 2023 00:35
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17300

Actions (login required)

View Item View Item