Komunikasi Persuasif dan Word of Mouth dalam Pemasaran Tabungan Haji (Studi Kasus: Panin Dubai Syariah Bank)

Topan Perkasa Hamudya, Topan (2023) Komunikasi Persuasif dan Word of Mouth dalam Pemasaran Tabungan Haji (Studi Kasus: Panin Dubai Syariah Bank). Thesis (S2) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (141kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (540kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (217kB)
[img] Text
6. Daftar isi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (83kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (84kB)
[img] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA, PENELITIAN TERDAHULU DAN KERANGKA KONSEP.pdf

Download (576kB)
[img] Text
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V PENUTUP.pdf

Download (90kB)
[img] Text
15 Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Nama : Topan Perkasa Hamudya NPM : 20200120300021 Judul : Komunikasi Persuasif dan Word of Mouth dalam Pemasaran Tabungan Haji (Studi Kasus: Panin Dubai Syariah Bank) Pembimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si Ringkasan : Komunikasi pemasaran memiliki fungsi menyampaikan informasi, mempersuasi dan mengingatkan calon konsumen produk dan jasa guna pengambilan keputusan pembelian. Jenis produk, target pasar calon konsumen, kekuatan jaringan yang dimiliki serta kemampuan perusahaan dalam hal anggaran biaya promosi merupakan aspek yang perlu diperhatikan dalam menentukan bentuk dan saluran komunikasi pemasaran suatu produk. Komunikasi persuasif memegang peranan penting bagi kesuksesan perusahaan dalam mempengaruhi calon pelanggan agar memberikan respon dan bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan dalam kaitannya dengan pemasaran produk. Cerita dari mulut ke mulut mengenai pengalaman pelanggan yang telah menikmati produk dan layanan perusahaan membentuk word of mouth yang merupakan media komunikasi yang efektif dalam mempengaruhi pengambilan keputusan calon pelanggan lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif, bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penerapan elemen-elemen komunikasi persuasif dan elemen-elemen word of mouth sebagai bentuk dan saluran komunikasi pemasaran Tabungan Haji di Panin Dubai Syariah Bank. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data Primer diperoleh dari pengamatan langsung dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu dan laporan ilmiah yang terdapat di dalam artikel atau jurnal berkenaan dengan komunikasi persuasif dan word of mouth. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen komunikasi persuasif (claim, warrant dan data) diimplementasikan dalam komunikasi verbal oleh para opinion leader dan secara non verbal dalam pilihan kalimat media promosi produk Tabungan Haji PDSB. Elemen-elemen Word of mouth (WoM Unit, Prticipant, Venues, Action dan Outcomes) terjadi dan diimplementasikan dalam proses interaksi baik oleh opinion leader kepada komunitas maupun nasabah Tabungan Haji yang pernah merasakan layanan Tabungan Haji PDSB terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Komunikasi Pemasaran, Tabungan Haji, Word of Mouth, Opinion Leader Referensi : 6 buku dan 27 jurnal

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM)
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:39
Last Modified: 28 Jul 2023 01:39
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item