STRATEGI PUBLIC RELATIONS PROGRAM BINA KAMPUNG DALAM MEMBANGUN CITRA DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif pada PT. BSD TBK – Sinar Mas Land)

Piranti Belapati Harjuna, Piranti Belapati Harjuna (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PROGRAM BINA KAMPUNG DALAM MEMBANGUN CITRA DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif pada PT. BSD TBK – Sinar Mas Land). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (136kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (531kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, Februari 2023 Piranti Belapati Harjuna 2017140210 Strategi Public Relations Program Bina Kampung dalam Membangun Citra di Era Pandemi Covid-19 ABSTRAK PT. BSD Tbk terus berupaya menjadi perusahaan terbaik dalam kinerja keuangan dan operasi, serta dalam memberikan kontribusi yang berarti bagi seluruh stakeholders. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi Public Relations untuk membangun citra yang telah dimiliki sebelumnya oleh PT BSD Tbk. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi Public Relations Program Bina Kampung : 1) fact finding (pencarian fakta) 2) planning (perencanaan), 3) action & communicating (aksi dan komunikasi), 4) evaluating (Evaluasi). Untuk mengetahui bagaimana Strategi Public Relations Program Bina Kampung dalam Membangun Citra di Era Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : Fact Finding (Pencarian Fakta), pada tahap ini penemuan fakta yang terjadi pada program Bina Kampung adalah permasalahan masifnya penyebaran virus Covid-19 diwilyah BSD City. Kemudian, Planning (Perencanaan) yang dijalankan PT BSD Tbk untuk menindaklanjuti fakta permasalahan yang ada adalah dengan cara membangun hubungan yang baik dengan para Stakeholder. Tahap selanjutnya, Action & Communicating (Aksi dan Komunikasi) dijalankan berdasarkan pengamatan dan perencanaan yang telah ditetapkan maka penanganan yang harus dilakukan adalah dengan: (1) Melakukan kerjasama dengan stakeholder. (2) bekerjasama dengan pers atau media untuk peliputan media pada saat program Bina Kampung berlangsung untuk memperoleh citra positif. Sedangkan strategi komponen komunikasi: menentukan komunikator yang memiliki kredibilitas untuk membuka acara, seperti Walikota Tangerang Selatan, komisaris/CEO PT BSD Tbk., atau tokoh masyarakat, memilih pesan yang informatif, persuasif dan edukatif mengenai program Bina Kampung agar memiliki daya tarik yang tinggi. Terakhir Evaluating (Evaluasi), dengan melihat strategi PT BSD Tbk melalui program Bina Kampung dalam membangun citra perusahaan meliputi membangun citra positif, meningkatkan pelayanan, membangun hubungan yang baik dengan stakeholder dan melakukan promosi yang berkelanjutan bisa dikatakan Public Relations program Bina Kampung dapat terwujud. Kata kunci: Strategi Public Relations, Citra, Program Bina Kampung, PT. BSD Tbk Referensi : 29 buku, 7 jurnal, 6 Website Pembimbing : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:29
Last Modified: 10 Jul 2023 09:29
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

View Item View Item