IMPLEMENTASI WORD OF MOUTH MARKETING DI ERA DIGITAL PADA PT. ZUZU TEKNOLOGI SERVIS (ZUZU HOSPITALITY)
MAHDY ALIEF SETIAWAN, MAHDY ALIEF SETIAWAN (2023) IMPLEMENTASI WORD OF MOUTH MARKETING DI ERA DIGITAL PADA PT. ZUZU TEKNOLOGI SERVIS (ZUZU HOSPITALITY). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (95kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (248kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (69kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (4kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5kB) |
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA KONSEP.pdf Download (131kB) |
|
Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (40kB) |
|
Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V PENUTUP.pdf Download (14kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
Abstract
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, November 2022 Mahdy Alief Setiawan 2019140272 IMPLEMENTASI WORD OF MOUTH MARKETING DI ERA DIGITAL PADA PT ZUZU TEKNOLOGI SERVIS (ZUZU HOSPITALITY) (V Bab + 115 Halaman + 4 Tabel + 23 Gambar) ABSTRAK Zuzu Hospitality merupakan layanan Software as a Service (SaaS) yang membantu pemilik hotel untuk mengelola operasional, memasarkan kamar di berbagai situs Online Travel Agent (OTA), hingga mengelola pemasukan. Penelitian yang berjudul “Implementasi Word Of Mouth Marketing Pada PT. ZUZU Teknologi Servis (Zuzu Hospitality)" mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana Zuzu Hospitality mengimplementasikan komunikasi pemasarannya dengan menggunakan Word Of Mouth Marketing di era yang sudah serba digital ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dari Sernovitz, dimana penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara terstruktur dan observasi serta dibantu dengan dukungan dokumentasi sebagai bukti pelengkap. Lalu data yang sudah di dapat dan terkumpul secara komperhensif selanjutnya dianalisis dengan cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan membuat lembar rangkuman. Dari proses tahapan penelitian yang dilakukan, hasil dari penelitian dapat di analisiskan bahwa Word Of Mouth Marketing yang dilakukan oleh Zuzu Hospitality berdasarkan Talking, Topics, Tools. Talking Part, dan Tracking. Hasil dari beberapa unsur tersebut memberikan bahwa Talkers dari Zuzu Hospitality dalam menjalankan WOMnya adalah tim Sales. Lalu tim sales akan menjelaskan apa keuntungan jika bergabung dengan Zuzu serta benefit apa yang akan didapat dalam perbulan maupun pertahunnya, hal ini mengacu kepada Topics yang menjadi bagian daripada unsur WOM. Sedangkan untuk Tools menggunakan CRM, Slack, Telegram, Whatsapp, Zoom dan Google Meet. Untuk Talking Part adanya CM (Commercial Manager), PS (Partner Support), PD (Partner Development), serta PIC Hotel yang sudah sign dengan Zuzu turut membantu dalam menjalankan Word Of Mouth Marketing ini. Yang terakhir yang itu adanya Tracking yang dijalankan oleh CM ataupun Sales Senior untuk memantau apakah implementasi WOM yang dijalankan sudah sesuai atau masih tergolong belum cukup memuaskan bagi perusahaan. Kemudian penelitian ini dapat diimplementasikan untuk strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan maupun mempengaruhi target segementasi. Kata kunci : Word Of Mouth Marketing, Implementasi WOM, Referensi : 16 Buku, 5 Jurnal, 2 Website Dosen Pembimbing : Jamiati KN, S.I.Kom., M.I.Kom.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 09:05 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13580 |
Actions (login required)
View Item |