Pengaruh Tindakan Labeling Dalam Pembentukan Konsep Diri Pada Remaja Di Kecamatan Ciputat
Nurannisa Sawitri, Sawitri (2024) Pengaruh Tindakan Labeling Dalam Pembentukan Konsep Diri Pada Remaja Di Kecamatan Ciputat. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (115kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (152kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan & Lembar Pengesahan.pdf Download (292kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (205kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (369kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (185kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (5kB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran.pdf Download (182kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (256kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (220kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (464kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (232kB) |
|
Text
15. BAB VI.pdf Download (187kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL Skripsi, 01 Juni 2024 NURANNISA SAWITRI PENGARUH TINDAKAN LABELING DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI PADA REMAJA DI KECAMATAN CIPUTAT xvi + 94 Halaman + 23 Tabel + 10 Lampiran ABSTRAK Labeling merupakan persepsi yang diberikan oleh suatu individu tanpa memandang fisik, status, maupun karakter dan labeling dapat terbentuk dari individu yang melakukan suatu penyimpangan. Madrasah tsanawiyah yang setara dengan jenjang menengah pertama memiliki ciri pendidikan beragama memungkinkan siswa di dalamnya tidak melakukan perilaku menyimpang. Namun, masa remaja yang selalu ingin mencoba hal baru dan masanya masih berubah-ubah serta banyak beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya menjadi celah masuknya pengaruh negatif yang berpengaruh pada gaya hidup dan perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah labeling dapat mempengaruhi pembentukan konsep diri pada remaja. Penelitian kuantitatif menjadi metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa perilaku menyimpang juga terdapat di sekolah yang berlandaskan nilai agama. Selain itu, labeling berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan konsep diri pada remaja di MTs. Miftahul Huda dan MTs. Baitis Salmah Kecamatan Ciputat. Hal ini dibuktikan dari hasil uji koefisien regresi yang bernilai positif, karena thitung 10.213 > ttabel 1.978. Selain itu antar dua variabel berpengaruh sebesar 44%. Pembentukan konsep diri pada remaja tentunya memerlukan keselarasan antara gambaran diri dan ideal diri, jika kedua hal tersebut tidak berdampingan maka akan terjadi ketidaksesuain pada konsep diri remaja tersebut. Daftar Pustaka : 45 referensi (2005 – 2024) Kata Kunci : konsep diri, labeling, remaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 08:57 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 08:57 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/21984 |
Actions (login required)
View Item |