PENGARUH PESAN PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN #AWASPINJOLILEGAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KEWASPADAAN PINJAMAN ONLINE ILEGAL (Survey pada Followers Akun Instagram @ojkindonesia Masyarakat Usia Kerja di Kota Tangerang Selatan Tahun 2022)
Fany Luthfiani, Fany Luthfiani (2022) PENGARUH PESAN PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN #AWASPINJOLILEGAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KEWASPADAAN PINJAMAN ONLINE ILEGAL (Survey pada Followers Akun Instagram @ojkindonesia Masyarakat Usia Kerja di Kota Tangerang Selatan Tahun 2022). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (4MB) |
|
Text
3. Surat Pernyataan Orisinilitas.pdf Download (189kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan Dan Pengesahan.pdf Download (232kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (4MB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (4MB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. Daftar Lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (4MB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (4MB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, Juli 2022 FANY LUTHFIANI 2018140299 PENGARUH PESAN PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN #AWASPINJOLILEGAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KEWASPADAAN PINJAMAN ONLINE ILEGAL (Survey pada followers akun Instagram @ojkindonesia masyarakat usia kerja di Kota Tangerang Selatan Tahun 2022) ABSTRAK Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggunakan media komunikasi yaitu, media sosial Instagram untuk memberikan pesan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Salah satu pesan informasi dan edukasi yang dilakukan OJK adalah membuat sebuah public relations campaign #AwasPinjolIlegal tentang kewaspadaan pinjaman online ilegal. Terkait hal tersebut tujuan penelitian ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh Pesan Public Relations Campaign #AwasPinjolIlegal pada followers akun Instagram @ojkindonesia, pemenuhan Kebutuhan Informasi Kewaspadaan Pinjaman Online Ilegal pada followers akun Instagram @ojkindonesia, dan pengaruh Pesan Public Relations Campaign #AwasPinjolIlegal terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kewaspadaan Pinjaman Online Ilegal pada followers akun Instagram @ojkindonesia. Teori yang digunakan yaitu Pesan Public Relations Campaign yang meliputi Kredibel, Relevan dan Mudah dipahami serta Pemenuhan Kebutuhan Informasi yang meliputi Current Need Approach, Everyday Need Approach, Exhaust Need Approach dan Catching-up Need Approach. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 96 responden masyarakat usia kerja yang mem-follow akun Instagram @ojkindonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh Pesan Public Relations Campaign #AwasPinjolIlegal secara keseluruhan responden merespon sangat setuju, serta Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kewaspadaan Pinjaman Online Ilegal secara keseluruhan responden merespon sangat setuju, dan besarnya pengaruh Pesan Public Relations Campaign #AwasPinjolIlegal memiliki hubungan yang positif dan kuat sebesar 0,876 terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kewaspadaan Pinjaman Online Ilegal pada followers akun Instagram @ojkindonesia dengan persentase sebesar 76,6% sementara sisanya yaitu 23,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Pesan Public Relations Campaign, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Instagram, Pinjaman Online Ilegal, Followers Referensi : 16 Buku + 15 Jurnal + 6 Website Dosen Pembimbing : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 09:05 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13578 |
Actions (login required)
View Item |