ISLAMIC BRANDING DI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS
Ibrahim Adil, Ibrahim Adil (2023) ISLAMIC BRANDING DI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul..pdf Download (42kB) |
|
Text
2. Abstrak..pdf Download (62kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan Orisinalitas..pdf Download (287kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahandan Persetujuan.pdf Download (494kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (27kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (8kB) |
|
Text
8. Daftar Grafik.pdf Download (29kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (62kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (656kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (140kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (103kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (17kB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Januari 2023 IBRAHIM ADIL 20171400555 ISLAMIC BRANDING DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS ABSTRAK Indonesia adalah sebuah negara yang dihuni oleh mayoritas masyarkat yang memeluk agama Islam. Kondisi ini tentunya menghasilkan berbagai macam potensi bisnis mau pelayanan bagi suatu perusahaan dan lembaga. Salah satu potensi yang dihasilkan dari besarnya jumlah umat Islam di Indonesia adalah dana zakat. Potensi dana zakat yang sangat tinggi sayangnya tidak diikuti dengan penyerapannya yang optimal oleh lembaga zakat resmi. Hal ini timbul salah satunya karena kurangnya pengetahuan dengan zakat itu sendiri, dan kurangnya pengetahuan tentang lembaga resmi pengelola zakat serta adanya kemungkinan ketidak percayaan masyarakat terhadap lembaga pengelola zakat, hal ini pula yang dialami oleh IZI. IZI adalah sebuah lembaga yang menawarkan pelayanan pengelolaan dana zakat yang nantinya akan disalurkan kepada masyrakat yang berhak menerimanya. Melihat kondisi ini islamic branding menjadi sebuah solusi yang selama ini sudah IZI praktekkan untuk meningkatkan brand awareness mereka. Islamic branding disini tentunya bukan hanya konten yang bernuansa Islam melainkan secara keseluruhan dari konten tersebut mulai dari pemelihan topik proses produksi dan yang lainnya memperhatikan aspek syar’i. tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dari Islamic branding IZI di media sosial media Instagram dan bagaimana Islamic branding di sosial media Instagram IZI membangun brand awareness. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Islamic branding dari Baker Ahmad Alserhan (2015), dan teori Instagram Jason Miles (2019). Hasil dari penelitian ini adalah campaign yang dilakukan IZI melalui media sosial Instagram sudah sangat sesuai dengan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam agama Islam. Contohnya fungsi pelaporan dan transparansi yang dilakukan melalui konten dengan konteks report kegiatan, konten ini sangat menggambarkan konsep Amanah dan Shiddiq yang berarti kejujuran, pemanfaatan setiap fitur di Instagram juga dilakukan dengan maksimal. Kata Kunci : Islamic Branding, Sosial Media, Brand Awareness Pembimbing : Velda Ardia, S.I.Kom., M.Si. Daftar Pustaka : 28 Referensi
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 00:46 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 00:46 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13560 |
Actions (login required)
View Item |