Analisis Framing Pesan Sosial Pada Film Netflix “The Social Dilemma”

Septyan Ardiansyah, Septyan (2022) Analisis Framing Pesan Sosial Pada Film Netflix “The Social Dilemma”. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (459kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (249kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (7kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (106kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (657kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI BROADCASTING Skripsi, Agustus 2021 Septyan Ardiansyah 2017140290 ANALISIS FRAMING PESAN SOSIAL PADA FILM NETFLIX “THE SOCIAL DILEMMA” ABSTRAK Film The Social Dilemma sangat merepresantasikan penggunaan media sosial yang terjadi saat ini di masyarakat. Sampai dengan saat ini, penelitian akademis film The Social Dilema menggunakan analisis framing Entman belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian seseorang, dapat menjadi kecanduan bermedia sosial melalui film The Social Dilemma. Teori penelitian ini menggunakan analisis framing model Robert N. Entman yang terdiri dari Define Problems, Diagnoses Causes, Make Moral Judgement, Treatment Recommendation. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. yang menggunakan model analisis framing model Robert N. Entman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumen terkait. Hasil penelitian ini adalah bagaiamana pembingkaian media sosial dapat membuat pemakainya menjadi kecanduan hingga ketergantungan. Film ini menawarkan kepada penonton, bagaimana pencegahan-pencegahan yang dapat dilakukan dalam menangani kecanduan menggunakan media sosial, serta penggunaan dan pemanfaatan media sosial secara bijak dan benar. Kata Kunci : Analisis Framing, Film, Media Sosial, Kecanduan, Pesan Sosial Referensi : 12 buku, 28 jurnal, 10 website Pembimbing : Amin Shabana, S.Sos, M.Si. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI BROADCASTING Skripsi, Agustus 2021 Septyan Ardiansyah 2017140290 ANALISIS FRAMING PESAN SOSIAL PADA FILM NETFLIX “THE SOCIAL DILEMMA” ABSTRAK The film The Social Dilemma is a powerful representation of society's contemporary use of social media. Using Entman framing analysis, research studies on the film The Social Dilemma has never been done before. Through the film The Social Dilemma, this study seeks to identify how a person's framing can lead to social media addiction. The framing model analysis of Robert N. Entman is used in this study theory, which contains of Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgment, and Treatment Recommendation. This is a descriptive qualitative study that uses Robert N. Entman's framing analysis model. Interviews and related documents were used to acquire data for this study. The results of this study suggest how the manner social media is framed might lead to consumers being addicted to it. This film teaches viewers how to use social media to prevent addiction as well as how to use it wisely and responsibly. Kata Kunci : Analisis Framing, Film, Media Sosial, Kecanduan, Pesan Sosial Referensi : 12 buku, 28 jurnal, 10 website Pembimbing : Amin Shabana, S.Sos, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:52
Last Modified: 05 Dec 2022 08:52
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9368

Actions (login required)

View Item View Item