Cyber Public Relations Dalam Promosi Wisata Taman Mini Indonesia Indah Di Masa Pandemi Covid-19

Panji Satria Ibrahim, Panji (2022) Cyber Public Relations Dalam Promosi Wisata Taman Mini Indonesia Indah Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (257kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (153kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (352kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (252kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (145kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (145kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf

Download (922kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (513kB)
[img] Text
14. BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS PANJI SATRIA IBRAHIM 2017140069 CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PROMOSI TAMAN MINI INDONESIA INDAH DI MASA PANDEMI COVID-19 ABSTRAK Dampak pandemic COVID-19 terjadi di seluruh sektor kehidupan, mulai dari sektor ekonomi, pendidkan, sosial, pariwisata, dan lainya. Wabah Covid-19 ini menekan pada industri pariwisata dan terlihat pada penurunan wisatawan. Dalam publikasinya, Dcode Economic dan Financial Consulting (2020) menyebutkan akibat pandemi COVID-19 ini, sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terpuruk dibanding sektor lainya. Sementara berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia tau UNWTO, kerugian yang dirasakan akibat pandemi COVID-19 ini mencapai USD 300-400 miliar. Kerugian secara ekonomi ini disebabkan karena 20 hingga 30% perjalanan wisata internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cyber public relations melakukan promosi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini tidak diarahkan pada kesimpulan salah atau benar, tetapi lebih ditekankan pada pengumpulan data untuk mendeskripsikan ke adaan sesungguhnya yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan pada kondisi yang alamiah, dan teknik pengumpulan data digunakan meliputi wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubberman, yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu Taman Mini Indonesia Indah memilih jenis media online atau media internet karena paradigma sekarang ini sudah berubah yang disebabkan oleh pandemi saat ini, jadi pola masyarakat yang sudah berubah yang sekarang lebih sering menggunakan gadget untuk mencari informasi dibandingkan dengan media cetak yang sudah jarang dibaca oleh masyarakat. Taman Mini Indonesia Indah memiliki cara untuk mempromosikan yang paling efektif pada pandemi Covid-19 ini yaitu melewati media online atau internet seperti Instagram dan Youtube. Referensi : 13 buku, 4 jurnal dan 7 website Kata Kunci : Cyber Pr, Taman Mini Indonesia Indah, Promosi, Media Sosial Dosen Pembimbing : Tria Patrianti S.Sos,M.Ikom. ABSTRACT The impact of the COVID-19 pandemic has occurred in all sectors of life, starting from the economy, education, social, tourism, and other sectors. The Covid-19 outbreak has put pressure on the tourism industry and can be seen from the decline in the number of tourists. In its publication, Dcode Economic and Financial Consulting (2020) stated that due to the COVID-19 pandemic, the tourism sector was the worst sector compared to other sectors. Meanwhile, based on data released by the World Tourism Organization and UNWTO, losses due to the COVID-19 pandemic reached USD 300-400 billion. This economic loss is caused by 20 to 30% of international travel. This study aims to describe how cyber public relations promotes Taman Mini Indonesia Indah (TMII) during the Covid-19 pandemic. This research was conducted through a qualitative approach. This research is not directed at wrong or right conclusions, but is more focused on collecting data to describe the actual situation that occurs in the field. Data collection techniques were carried out in natural conditions, and data collection techniques used included in-depth interviews, documentation and observation. The data analysis technique in this study uses the Miles and Hubberman model which includes data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The result of this study is that Taman Mini Indonesia Indah chooses the type of online media or internet media because the current paradigm has changed due to the current pandemic, so that people's patterns have changed, which now more often use gadgets to find information. compared to print media which is already scarce. read by the public. Taman Mini Indonesia Indah has the most effective way to promote the Covid-19 pandemic, namely through online media or the internet such as Instagram and Youtube. References : 13 books, 4 journals and 7 websites Keywords : Cyber Pr, Taman Mini Indonesia Indah, Promosi, Media Sosial Dosen Pembimbing : Tria Patrianti S.Sos,M.Ikom.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:51
Last Modified: 05 Dec 2022 08:51
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9354

Actions (login required)

View Item View Item