Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Bekasi Nyambung Bae (BEBUNGE) Di Kabupaten Bekasi
Astri Rahmawati Ningsih, Astri (2022) Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Bekasi Nyambung Bae (BEBUNGE) Di Kabupaten Bekasi. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (134kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (172kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (159kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (145kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (149kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (274kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (270kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (107kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (840kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (109kB) |
|
Text
15. BAB VI.pdf Download (89kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Astri Rahmawati Ningsih Program Studi : Administrasi Publik Judul : Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Bekasi Nyambung Bae (BEBUNGE) Di Kabupaten Bekasi Jumlah Halaman : 88 Halaman Aplikasi Bebunge merupakan singkatan dari Bekasi Nyambung Bae. Aplikasi BEBUNGE merupakan aplikasi yang ditujukkan untuk aplikasi pengaduan di Kabupaten Bekasi, yang sebelum kehadiran aplikasi bebunge ini Kabupaten Bekasi adalah salah satu yang menggunakan pengaduan berbasis online yang bernama SP4N-LAPOR yang diinisiasi oleh KEMENPAN-RB Karena pada saat itu Kabupaten Bekasi belum memiliki pengaduan yang berbasis online. Namun dalam perjalanannya SP4N-LAPOR di Kabupaten Bekasi belum optimal, dikarenakan pengelolaan aplikasi yang berpindah-pindah Dinas serta penyelesaian pengaduan yang masih banyak belum terselesaikan. Sehingga kehadiran aplikasi BEBUNGE ini diharapkan dapat menjadi alat evaluasi untuk pemerintah dan alat komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi BEBUNGE di Kabupaten Bekasi. Dengan menggunakan atribut inovasi dalam Everett M. Rogers (2008) yaitu : Relative Advantages (Keuntungan Relative), Compability (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan di coba), Observability (Kemudahan di amati). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan pada 6 ( Enam) Indikator ini menyimpulkan bahwa indikator Relative Advantages (Keuntungan Relatif), bahwa pelaksanaan inovasi pengaduan ini memiliki nilai lebih atau keuntungannya sebagai alat komunikasi dan evaluasi untuk pemerintah. Compatibility (Kesesuaian), pada inovasi ini tidak meninggalkan inovasi yang sebelumnya dan menjadikan aplikasi sebelumnya sebagai acuan pada pelaksanaan inovasi. Complexity (Kerumitan), kerumitan terletak pada hal teknis seperti ang ada pemahaman terkait dengan fitur-fiturnya. Triability (Kemungkinan di coba) Aplikasi BEBUNGE telah di uji coba dan telah di sosialisasikan, namun hanya sosialisasi pada akun instagram saja dan masih sangat kurang. Observability (Kemudahan di amati) pelaksanaan aplikasi BEBUNGE dalam penyelesaian laporan yang masuk membutuhkan waktu yang cukup lama. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Pengaduan, Aplikasi BEBUNGE Referensi : 15 Buku, 6 Jurnal, 3 Website Pembimbing : M.Khoirul Anwar, S.Sos, M.S
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Public Administration Science / Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 02:54 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 02:54 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9332 |
Actions (login required)
View Item |