Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Image Crystylin Pada Konsumen (Survei pada followers Instagram @crystallinewaterid)

MARYATUL QHIBTIA, Maryatul (2023) Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Image Crystylin Pada Konsumen (Survei pada followers Instagram @crystallinewaterid). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (518kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (95kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (915kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Brand identity adalah satu strategi branding dalam menciptakan dan membangun seperangkat elemen dari dalam perusahaan, sedangkan brand image adalah pandangan/persepsi yang ada dalam benak konsumen. Crystalin merupakan salah satu brand air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT. Orang Tua (OT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Brand Identity dari Crystalin, (2) Brand Image Crystalin menurut konsumen, (3) Pengaruh Brand Identity terhadap Brand Image Crystalin Pada Konsumen. Teori yang digunakan yaitu Brand Identity dengan 6 dimensi yaitu, physique, personality, culture, relationship, reflection, dan self-image, dan teori brand image dengan 3 dimensi yaitu favorability, strength, dan uniqueness. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode survei yang bersifat eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun Instagram @crystallinewaterid dan dibatasi pada salah satu postingan yang terdapat di dalamnya yaitu sebanyak 1.519. Dalam pengambilan sampel digunakan rumus Yamane sehingga dihasilkan 94 orang responden. Teknik penarikan sampel digunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan kuesioner dan teknik analisis data digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian diketahui: (1) Brand Identity Crystalin terbilang cukup tinggi, diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,07, (2) Brand Image konsumen Crystalin dapat dikatakan cukup tinggi, diperoleh nilai rata-rata sebesar 47,49, (3) Hasil analisis koefisien korelasi diketahui terdapat pengaruh Brand Identity Crystalin terhadap Brand Image Crystalin positif, diperoleh nilai korelasi (r) = 0,871. Hasil analisis koefisien determinasi (KD) diperoleh nilai R square – 0,759. Artinya, brand identity Crystalin mempengaruhi brand image Crystalin sebesar 75,9%, sedangkan sisanya 24,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh thitung 17,005 dengan Df = 94 – 2 = 92 dan ttabel 1,662. Karena thitung (17,005) > ttabel (1,662) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, pengaruh brand identity terhadap brand image Crystalin terbukti signifikan. Kata kunci : Brand Identity, Brand Image, Crystalin Referensi : 23 buku + 2 jurnal + 8 website (2012-2022) Pembimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M. Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 18 Jul 2023 00:52
Last Modified: 18 Jul 2023 00:52
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item View Item