PENGARUH PESAN KAMPANYE #BELANJADARIRUMAH DI INSTAGRAM @SHOPEE_ID TERHADAP BRAND IMAGE SHOPEE

Karina Tridianti, Karina Tridianti (2022) PENGARUH PESAN KAMPANYE #BELANJADARIRUMAH DI INSTAGRAM @SHOPEE_ID TERHADAP BRAND IMAGE SHOPEE. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (143kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (444kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (81kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (627kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, Juli 2022 Karina Tridianti 2018140071 PENGARUH PESAN KAMPANYE #BELANJADARIRUMAH DI INSTAGRAM @SHOPEE_ID TERHADAP BRAND IMAGE SHOPEE ABSTRAK Bertambahnya kasus Covid-19 yang terus meningkat setiap harinya membuat pemerintah memutuskan untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Shopee turut terlibat mendukung program pemerintah dalam menjalankan kampanye #BelanjaDariRumah. Kampanye ini memuat berupa ajakan untuk bersama – sama saling mengingatkan kepada masyarakat sekitar kita untuk tetap dirumah saja dan meminimalisir kegiatan diluar rumah. Kampanye ini merupakan salah satu strategi penyampaian pesan yang dapat membentuk citra merek Shopee. Teori –teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori public relations, teori kampanye, teori pesan kampanye dan teori brand image. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mencari tahu dan menguji seberapa besar pengaruh pesan kampanye dengan brand image. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif meggunakan metode statistika menggunakan data primer, dan menggunakan survei dengan menyebarkan kuesioner pada responden yang merupakan pengikut Instagram @shopee_id dan mengetahui kampanye #PesanDariRumah. Hasil uji dari 100 responden yang didapatkan dari penelitian ini membuktikan bahwa variable pesan kampanye (X) memiliki pengaruh dengan nilai 49,5% terhadap brand image Shopee (Y) disertai pengaruh dari faktor lainnya sebesar 50,5% yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Uji hipotesis menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat adanya pengaruh antara pesan kampanye #BelanjaDariRumah di instagram terhadap brand image Shopee. Kata kunci : Pesan Kampanye, Brand Image Referensi : 15 Buku, 8 Jurnal, 9 Website Pembimbing : Dr. Sa’diyah El Adawiyah, M.Si ABSTRACT The increasing number of Covid-19 cases that continue to increase every day has made the government enforce Large-Scale Social Restrictions (PSBB). Shopee also supports the government's program in running the #BelanjaDariRumah campaign. This campaign contains an invitation to jointly remind the community around us to stay at home and minimize activities outside the home. This campaign is one of the message delivery strategies that can shape the Shopee brand image. The theories used in this research are public relations theory, campaign theory, campaign message theory, and brand image theory. This research aims to find out and test how much influence the campaign message has with brand image. This study uses a quantitative research type using statistical methods using primary data, and using a survey by distributing questionnaires to respondents who are followers of Instagram @shopee_id and know the #PesanDariRumah campaign. The test results from 100 respondents obtained from this study prove that the campaign message variable (X) has an influence with a value of 49.5% on Shopee brand image (Y) accompanied by the influence of other factors of 50.5% which are not discussed in this study. Hypothesis testing shows Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an influence between the #BelanjaDariRumah campaign message on Instagram on Shopee's brand image. Kata kunci : Pesan Kampanye, Brand Image Referensi : 15 Buku, 8 Jurnal, 9 Website Pembimbing : Dr. Sa’diyah El Adawiyah, M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 13 Jul 2023 00:36
Last Modified: 13 Jul 2023 00:36
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item