PENGARUH PESAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS #BIJAKBERPLASTIK DANONE-AQUA TERHADAP SIKAP RAMAH LINGKUNGAN (Survei Pada Followers Instagram @sehataqua)
Imelda Andriani, Imelda Andriani (2023) PENGARUH PESAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS #BIJAKBERPLASTIK DANONE-AQUA TERHADAP SIKAP RAMAH LINGKUNGAN (Survei Pada Followers Instagram @sehataqua). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. JUDUL.pdf Download (22kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
|
Text
3. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (97kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (324kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (127kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (39kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (31kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (467kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (263kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (276kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (565kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
Abstract
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, Januari 2023 Imelda Andriani 2018140030 “Pengaruh Pesan Kampanye Public Relations #BijakBerplastik Terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Followers Instagram @sehataqua)” (120 Halaman + 41 Tabel + 4 Gambar + 7 Lampiran) ABSTRAK Dampak dari penggunaan plastik menjadi isu yang mengkhawatirkan bagi banyak negara. Tidak terkecuali Indonesia yang menempati posisi kedua sebagai negara penghasil sampah plastik terbanyak di dunia. Angka konsumsi plastik dan jumlah sampah plastik yang masih tinggi memerlukan penanganan. Penyesuaian tindakan untuk setiap permasalahan diterapkan untuk mencapai tujuan perubahan secara kolektif. Seluruh pihak juga dituntut untuk ikut serta dalam menciptakan tujuan tersebut. Penyelenggaraan kampanye #BijakBerplastik, Danone-Aqua menekankan pentingnya untuk berperilaku bijak menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Pesan Kampanye Public Relations #BijakBerplastik terdapat pengaruh atau tidak terhadap sikap responden dalam menerapkan sikap ramah lingkungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pesan Kampanye (Venus, 2019) dengan dimensi Isi Pesan, Struktur Pesan, dan Bingkai Pesan dan sikap ramah lingkungan (Azwar, 2016) dengan dimensi Kognitif, Afektif, dan Konatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 82 sampel yang telah ditentukan menggunakan perhitungan Rumus Slovin dengan teknik probability sampling dan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Teknik Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS.25. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup antara Pesan Kampanye Public Relations terhadap Sikap Ramah Lingkungan yang memberikan dampak terhadap sikap responden. Dengan membuktikan adanya pengaruh, terdapat hasil pada uji hipotesis dimana thitung 17,650 > ttabel 1,292, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara Pesan Kampanye Public Relations #BijakBerplastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan. Daftar Pustaka : 7 Buku, 3 Jurnal, 7 Website Kata Kunci : Pesan Kampanye, Public Relations, Sikap Dosen Pembimbing : Syifa Astasia Utari, S.I.Kom, M.Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:36 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:36 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13614 |
Actions (login required)
View Item |