STRATEGI MEDIA RELATIONS UNIT PENGELOLA KAWASAN PERKAMPUNGAN BUDAYA BETAWI DALAM PENGEMBANGAN WISATA SETU BABAKAN

Muhammad Fitrah Nurul S.H, Muhammad Fitrah Nurul S.H (2022) STRATEGI MEDIA RELATIONS UNIT PENGELOLA KAWASAN PERKAMPUNGAN BUDAYA BETAWI DALAM PENGEMBANGAN WISATA SETU BABAKAN. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (82kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (171kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (715kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, 25 Agustus 2022 Muhammad Fitrah Nurul Syamsi H 2015140066 Startegi Media Relations Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi dalam pengembangan Wisata Setu Babakan ABSTRAK Pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi. Indonesia berusaha membangun industri pariwisata sebagai salah satu cara untuk mencapai neraca perdagangan luar negeri yang berimbang. Melalui industri ini diharapkan pemasukan devisa dapat bertambah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan relasi dengan media, pengembangan strategi pada hubungan media, dan pengembangan jaringan pada hubungan media dalam khususnya pengembangan wisata Setu Babakan. Guna mengetahui strategi hubungan media yang digunakan dalam pengembangan wisata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strategi Media Relations yaitu: mengelola relasi, mengembang strategi, dan mengembangkan jaringan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, menggunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi Media Relations yang digunakan oleh Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi selama ini ialah dengan cara membuat program periklanan dan peliputan khusus serta melakukan pendekatan para media dengan cara saling sharing informasi, baik itu informasi pemerintahan maupun informasi kegiatan lainnya seperti pariwisata, dan selama ini Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi tidak mengikuti sebuah lembaga ataupun asosiasi. Saran berdasarkan penelitian ini sebaiknya, strategi Media Relations yang digunakan saat ini lebih dikembangkan karena strategi merupakan hal yang penting, terutama untuk pengembangan wisata Setu Babakan dan pendekatan yang dilakukan dengan para media lebih di khususkan seperti mengadakan media visit atau media gathering, serta mengukuti sebuah lembaga atau asosiai untuk memperluas jaringan. Kata Kunci : Strategi Media Relations, Public Relations, Pariwisata Referensi : 19 buku, 2 jurnal, 2 website Pembimbing : Lilik Sumarni, S.Sos, M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:05
Last Modified: 07 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13581

Actions (login required)

View Item View Item