PENGARUH PESAN PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN #AWASPINJOLILEGAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KEWASPADAAN PINJAMAN ONLINE ILEGAL (Survey pada Followers Akun Instagram @ojkindonesia Masyarakat Usia Kerja di Kota Tangerang Selatan Tahun 2022)

Fany Luthfiani, Fany Luthfiani (2022) PENGARUH PESAN PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN #AWASPINJOLILEGAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KEWASPADAAN PINJAMAN ONLINE ILEGAL (Survey pada Followers Akun Instagram @ojkindonesia Masyarakat Usia Kerja di Kota Tangerang Selatan Tahun 2022). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. Surat Pernyataan Orisinilitas.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan Dan Pengesahan.pdf

Download (232kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. Daftar Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, Juli 2022 FANY LUTHFIANI 2018140299 PENGARUH PESAN PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN #AWASPINJOLILEGAL TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KEWASPADAAN PINJAMAN ONLINE ILEGAL (Survey pada followers akun Instagram @ojkindonesia masyarakat usia kerja di Kota Tangerang Selatan Tahun 2022) ABSTRAK Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggunakan media komunikasi yaitu, media sosial Instagram untuk memberikan pesan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Salah satu pesan informasi dan edukasi yang dilakukan OJK adalah membuat sebuah public relations campaign #AwasPinjolIlegal tentang kewaspadaan pinjaman online ilegal. Terkait hal tersebut tujuan penelitian ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh Pesan Public Relations Campaign #AwasPinjolIlegal pada followers akun Instagram @ojkindonesia, pemenuhan Kebutuhan Informasi Kewaspadaan Pinjaman Online Ilegal pada followers akun Instagram @ojkindonesia, dan pengaruh Pesan Public Relations Campaign #AwasPinjolIlegal terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kewaspadaan Pinjaman Online Ilegal pada followers akun Instagram @ojkindonesia. Teori yang digunakan yaitu Pesan Public Relations Campaign yang meliputi Kredibel, Relevan dan Mudah dipahami serta Pemenuhan Kebutuhan Informasi yang meliputi Current Need Approach, Everyday Need Approach, Exhaust Need Approach dan Catching-up Need Approach. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 96 responden masyarakat usia kerja yang mem-follow akun Instagram @ojkindonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh Pesan Public Relations Campaign #AwasPinjolIlegal secara keseluruhan responden merespon sangat setuju, serta Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kewaspadaan Pinjaman Online Ilegal secara keseluruhan responden merespon sangat setuju, dan besarnya pengaruh Pesan Public Relations Campaign #AwasPinjolIlegal memiliki hubungan yang positif dan kuat sebesar 0,876 terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kewaspadaan Pinjaman Online Ilegal pada followers akun Instagram @ojkindonesia dengan persentase sebesar 76,6% sementara sisanya yaitu 23,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Pesan Public Relations Campaign, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Instagram, Pinjaman Online Ilegal, Followers Referensi : 16 Buku + 15 Jurnal + 6 Website Dosen Pembimbing : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:05
Last Modified: 07 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item