Strategi Komunikasi Politik H. Nur Yasin Pada Pemilihan Umum ANGGOTA DPR RI 2019
Islana, Jati Waluya (2022) Strategi Komunikasi Politik H. Nur Yasin Pada Pemilihan Umum ANGGOTA DPR RI 2019. Thesis (S2) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (453kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (244kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (364kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf Download (927kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (237kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (232kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (95kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (96kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (835kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (274kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (331kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Islana Jati Waluya NPM : 2018960038 Judul : Strategi Komunikasi Politik H. Nur Yasin Pada Pemilihan Umum Anggota DPR RI 2019 Pembimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si. Ringkasan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Komunikasi Politik H. Nur Yasin dalam merawat ketokohan, memantapkan kelembagaan politik, menciptakan kebersamaan dan membangun konsensus. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dilakukan dalam kurun waktu bulan Mei sampai dengan Agustus 2022. Penentuan Informan dengan metode purposive sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. H. Nur Yasin sebagai anggota legislatif yang terpilih pada pemilu legislatif 2019 serta 2 narasumber dari Tim Pemenangan dan 1 narasumber pakar komunikasi politik sebagai keabsahan data dan didukung dokumen dan referensi dari buku-buku, surat kabar/majalah dan informasi lain dari internet. Metode analis data menggunakan triangulasi sumber dengan pakar komunikasi politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H. Nur Yasin dan Tim memenangkan pemilu DPR RI 2019 dengan strategi komunikasi politik yang sangat sederhana, yaitu strategi Pagar Besi. Strategi Pagar Besi digunakan untuk pendistribusian pesan politik guna merawat ketokohan, memantapkan kelembagaan politik, menciptakan kebersamaan dan membangun konsensus. Hal ini sangat penting sebagai faktor yang mendasar dalam membangun strategi komunikasi politik, guna mencapai tujuan politik masa depan terutama yang berkaitan dengan tujuan kampanye dan dukungan elektoral dari khalayak pemilih. Dengan strategi tersebut ketokohan H. Nur Yasin meningkat dan saat beliau masuk ke PKB memantapkan kelembagaan politik dan akhirnya terpilih sebagai anggota legislatif selama dua periode di DAPIL Jawa Timur IV. Kata Kunci : Pemilihan Umum, Strategi Komunikasi Politik, membangun konsensus ABSTRACT Name : Islana Jati Waluya NPM : 2018960038 Title : Political Communication Strategy of H. Nur Yasin In the 2019 Indonesian House of Representatives General Election Election : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si. Superviser Summary This study aims to analyze the Political Communication Strategy of H. Nur Yasin in maintaining character, stabilizing political institutions, creating togetherness and building consensus. Informant determination with purposive sampling method, The type of research is descriptive research with a qualitative approach, conducted in the period of May to August 2022. The data collection technique using interview method. H. Nur Yasin as a member of legislature who was elected in the 2019 legislative election and 2 resource persons from the Winning Team and 1 resource person from a political communication expert as data validity and supported by documents and reference from books, newspapers/magazines and other information from the internet. Data analytis method using source triangulation with political communication experts. The result of research showed that H. Nur Yasin and Team won the 2019 Indonesian House of Representative election with a very simple political communication strategy, namely the Iron Fence Strategy. The Iron Fence Strategy (Strategi Pagar Besi) is used to distribute political messages in order to maintain character, strengthen political institutions, create togetherness and build consensus. This is very important as a fundamental factor in building political communication strategies, in order to achieve future political goals, especially those related to campaign objectives and electoral support from the electorate. With this strategy, the character of H. Nur Yasin increased when he joined the PKB and was finally elected as a member of the legislature for two period in the Dapil East Java IV. Keywords: General Election, Political Communication Strategy, Building Consensus
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 02:09 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 02:09 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9314 |
Actions (login required)
View Item |