PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAT BULU DI Kelurahan Buaran kecamatan Serpong Tangerang Selatan
Damayanti, Anita and Rahmawati, Lia (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAT BULU DI Kelurahan Buaran kecamatan Serpong Tangerang Selatan. OBSESI, 6 (3). pp. 2404-2410. ISSN 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)
Text
2. Resensi Perkuliahan Kewirausahaan.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Resensi matakuliah Manajemen PAUD.pdf Download (948kB) |
|
Text
2. Resensi matakuliah Seni Rupa AUD.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Laporan Penelitian Permainan Ulat Bulu.pdf Download (848kB) |
|
Text
5. Resensi PERKULIAHAN BERMAIN DAN PERMAINAN AUD Semester 3.pdf Download (901kB) |
|
Text
5. Resensi PERKULIAHAN BERMAIN DAN PERMAINAN AUD semester V.pdf Download (945kB) |
|
Text
5. Resensi PERKULIAHAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN.pdf Download (679kB) |
|
Text
5. Resensi PERKULIAHAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN.pdf Download (839kB) |
|
Text
Artikel di Obsesi 2022.pdf Download (301kB) |
|
Text
Artikel di IJEC 2022.pdf Download (1MB) |
|
Text
HAKI Buku 'Pendidikan Anak di Era Milenial'.pdf Download (2MB) |
|
Text
HAKI Modul Kewirausahan Berbasis Project Method.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas kolaboratif dengan model menggunakan model kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 6 anak. Objek penelitian ini adalah keterampilan sosial. Metode pengambilan data yang digunakan observasi. Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indicator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal 80% dari 6 anak memiliki keterampilan sosial dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan permainan ulat bulu dilakukan melalui 1) stimulasi anak untuk mampu melakukan permainan sesuai arahan, 2) anak memiliki motivasi untuk bersaing, 3) anak mampu bekerjasama, 4) anak perhatian pada temannya, 5) anak memiliki sifat menghargai orang lain, 6) lingkungan mendukung kegiatan permainan anak, 7) anak ringan tangan, 8) anak mampu berkomunikasi. Pada saat observasi pratindakan sebesar Kondisi awal keterampilan sosial anak usia dini di daerah Buaran sebelum dilakukan tindakan penelitian masih sangat rendah dimana anak-anak yang dapat melaksanakan sosialisasi dengan baik ada 37,5 % dan 40% hanya 2 orang anak, selebihnya masih rendah yaitu 22,5 %. Pada siklus I dengan pencapaian prosentase 47,5%-55,5 %. Pada siklus II anak yang mampu melaksanakan sosialisasi dengan baik. Dengan pencapaian 75% - 95% dan penelitian dihentikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Anita Damayanti |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 00:51 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 00:51 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5421 |
Actions (login required)
View Item |