Mitigasi Bencana Banjir Melalui Metode Simulasi Pada Siswa/i Di SD Islam Arraisiyah

Yanti, Yanti (2024) Mitigasi Bencana Banjir Melalui Metode Simulasi Pada Siswa/i Di SD Islam Arraisiyah. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (157kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan & Lembar Pengesahan.pdf

Download (719kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (29kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (31kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (29kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (59kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (237kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (57kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL SKRIPSI, 27 MARET 2024 YANTI NPM 20200110100076 MITIGASI BENCANA BANJIR MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA/I DI SD ISLAM ARRAISIYAH XVI + 139 Halaman + 11 Tabel + 18 Gambar + 10 Lampiran ABSTRAK Mitigasi bencana menjadi upaya penanggulangan bencana yang penting untuk diberikan kepada masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi, serta melibatkan partisipasi masyarakat. Mengingat bahwa bencana dapat terjadi tanpa diduga, kapan saja dan dimana saja yang tentu sangat mengganggu berbagai aspek kehidupan manusia. Anak-anak menjadi salah satu kelompok yang rentan terdampak bencana, kerentanan tersebut disebabkan oleh faktor keterbatasan pemahaman mereka terkait dengan bahaya dari risiko-risiko bencana disekelilingnya. Tentu, melibatkan anak-anak dalam upaya mitigasi bencana sangatlah penting dilakukan, sehingga memperkuat resiliensi diri anak dalam menghadapi bencana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Islam Arraisiyah. Subjek sebanyak 18 siswa/I kelas 5 (lima) yang terdiri dari 7 perempuan dan 11 laki-laki, serta satu informan yaitu kepala sekolah dengan pertimbangan kepala sekolah yang lebih mengetahui kebijakan dan kesiapan sekolah dalam penanggulangan bencana. Pelaksanaan metode simulasi dalam upaya mitigasi bencana banjir pada siswa dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Pada tahap pelaksanaan terdapat beberapa hal yang dilakukan oleh peneliti yaitu dari beberapa upaya penyampaian materi, pembagian kelompok, menjelaskan skenario simulasi bencana banjir, peraturan simulasi, alat dan bahan, serta memberikan peragaan terlebih dahulu terkait dengan simulasi yang dilakukan. Setelah dilakukannya metode simulasi pada siswa terdapat peningkatan pemahaman siswa menjadi sangat baik, banyaknya siswa yang sudah menjawab dengan tepat pada post test, dengan nilai rata-rata 82,5 atau dalam kategori A (baik sekali). Penggunaan metode simulasi dalam sosialisasi edukasi kebencanaan banjir berjalan dengan efektif bagi peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa terlihat adanya peningkatan pemahaman siswa yang cukup baik pada hasil belajar. Daftar Pustaka : 46 referensi (2003 - 2023) Kata kunci : Bencana Banjir, Mitigasi Bencana, Metode Simulasi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 22 Jan 2025 00:52
Last Modified: 22 Jan 2025 00:52
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/22008

Actions (login required)

View Item View Item