Marketing Politik Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen Pada Pilkada Jawa Tengah (Studi Kasus Pilkada Jawa Tengah Tahun 2018 : Pasangan Ganjar Pranowo – H. Taj YASIN MAIMOEN)
Wahyudi H, Wahyudi (2023) Marketing Politik Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen Pada Pilkada Jawa Tengah (Studi Kasus Pilkada Jawa Tengah Tahun 2018 : Pasangan Ganjar Pranowo – H. Taj YASIN MAIMOEN). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (58kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (66kB) |
|
Text
3. Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (336kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (462kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (112kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (16kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (8kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (8kB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran.pdf Download (630kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (135kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (288kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (68kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (852kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (21kB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU POLITIK KONSENTRASI POLITIK INDONESIA Skripsi, Maret 2023 Nama : Wahyudi H NPM : 2017130061 Judul : Marketing Politik Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen Pada Pilkada Jawa Tengah (Studi Kasus Pilkada Jawa Tengah Tahun 2018 : Pasangan Ganjar Pranowo – H. Taj Yasin Maimoen) XX+83 Halaman+6 Gambar+5Tabel Marketing politik atau biasa disebut dengan pemasaran politik adalah bentuk dari aktivitas yang terencana, terstruktur, strategis serta praktis. Marketing politik di buat untuk bisa menyebar luaskan makna politik kepada para pemilih untuk bisa mensukseskan kandidat dan partai politik dengan segala aktivitas di dunia politik. Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 lalu salah satu kandidatnya yaitu Ganjar Pranowo - H. Taj Yasin Maimoen mereka merupakan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa tengah yang di usung oleh partai PDI-P dan partai PPP, keduanya bisa dikatakan sebagai kandidat gabungan antara nasionalis serta religius. Mereka Cukup memiliki peluang dan kesempatan yang besar untuk bisa mendapatkan suara yang banyak dalam persaingan perebutan menjadi orang nomor satu dan nomor dua di Jawa Tengah pada pilkada tahun 2018 itu. Tujuan dari penelitian ini Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana sistem dan strategi Marketing Politik yang dilakukan oleh calon dan wakil Gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen pada pilkada 2018 lalu di Jawa Tengah sehingga kandidat itu menerima banyak suara dalam Pilkada itu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Teknik pengumpulan data sendiri dilakukan peneliti dengan memanfaatkan dokumen, pemanfaatan dokumen dengan merujuk kepada sebuah artikel, buku–buku, jurnal dan media yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa marketing politik pasangan calon dan wakil Jawa Tengah Ganjar Pranowo - H. Taj Yasin pada pilkada tahun 2018 lalu dilakukan dengan menyampaikan politik bergagasan yang secara umum dilaksanakan dari segi kewilayahan seperti Geografi dan Demografi, tetapi juga bisa mengikuti strategi marketing politik dari pusat, dalam hal ini juga partai pengusung seperti DPP PDI-P dan DPP PPP juga membuat sistem serta strategi untuk kandidat ini. Pola sosialisasi dan komunikasi salah satu dari strategi marketing politik yang dilaksanakan dengan menyampaikan politik gagasan hal ini memiliki sifat kerakyatan, politik gagasan itu bisa di sampaikan kepada kebutuhan umum masyarakat sesuai dengan situasi serta kondisi yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Kata Kunci : Marketing Politik, Pilkada, Strategi Politik Referensi: 20 Buku + 6 Jurnal + 2 Skripsi+11 Website + 4 Undang-Undang. Pembimbing: Dr. Usni, M,Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Political Science / Ilmu Politik |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 02:45 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 02:45 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17400 |
Actions (login required)
View Item |