Efektivitas Program Pengembangan Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Remaja Disabilitas Netra Di Slb-a Pembina Tingkat Nasional Jakarta
Alfrida Hermawati, Alfrida (2023) Efektivitas Program Pengembangan Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Remaja Disabilitas Netra Di Slb-a Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf Download (48kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
|
Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (173kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (569kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (407kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (407kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (202kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (202kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (203kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (339kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (437kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Download (217kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Download (564kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Download (386kB) |
|
Text
15 BAB VI.pdf Download (208kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
Abstract
ABSTRAK Salah satu cara meningkatkan kemandirian remaja disabilitas netra adalah melalui program pengembangan diri yang dilaksanakan oleh sekolah. SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta adalah salah satu sekolah yang menerapkan program pengembangan diri dalam meningkatkan kemandirian peserta didik melalui ketrampilan musik, massage dan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas program pengembangan diri dalam meningkatkan kemandirian melalui keterampilan musik, massage dan komputer jenjang SMPLB di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan snowboll sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pengembangan diri melalui ketreampilan musik, massage dan komputer yang dilaksanakan di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kemandirian intelektual peserta didik. Namun, di jenjang SMPLB peserta didik lebih minat pada keterampilan komputer yang mana relevan dengan saat ini yang dalam masa perkembangan teknologi. Daftar Pustaka : 38 Referensi (1992 – 2023) Kata Kunci : Pengembangan diri, Kemandirian, Remaja Disabilitas Netra
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 00:33 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 00:33 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17250 |
Actions (login required)
View Item |