Fenomena Public Relations Politik Ganjar Pranowo Dalam Manajemen Citra Melalui Media Tiktok

Hendra Hidayat, Hendra (2022) Fenomena Public Relations Politik Ganjar Pranowo Dalam Manajemen Citra Melalui Media Tiktok. Thesis (S2) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (52kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (165kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (255kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (9kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (849kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (83kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Hendra Hidayat NPM : 0200120300003 Judul : Fenomena Public Relations Politik Ganjar Manajemen Citra Melalui Media TikTok Pembimbing : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si Ringkasan Penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 77,02% pada kuartal pertama tahun 2022. Internet dan media sosial adalah medium yang baik bagi proses komunikasi dan kampanye politik. Dengan pertumbuhan jumlah pengguna, media sosial TikTok menjadi alat strategis baru bagi para aktor politik untuk mendorong narasi politik. Salah satu politisi Indonesia sekaligus pejabat negara yang memanfaatkan media sosial TikTok adalah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah dua periode (2013-2023). Ganjar Pranowo dipilih untuk dikaji karena elektabilitasnya berada di posisi tiga besar pada bulan Juni 2022. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memaknai PR politik Ganjar Pranowo melalui TikTok; 2) Memaknai motif manajemen citra politik Ganjar Pranowo Melalui TikTok; 3) Memaknai manajemen citra politik Ganjar Pranowo Melalui TikTok; 4) Menggali pengalaman storytelling Ganjar Pranowo melalui TikTok; dan 5) Memaknai Performa Ganjar Pranowo di Media TikTok. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan model pendekatan fenomenologi yang dilakukan terhadap isi video akun TikTok @ganjarpranowofc. Hasil yang ditemukan: video konten yang diunggah sebagai salah satu strategi dalam membentuk citra politik Ganjar Pranowo. Pesan-pesan yang dikemas dalam video, menampilkan persona Ganjar Pranowo yang dekat dengan rakyat, melakukan kerja nyata, keseimbangan kehidupan dunia dengan spiritual, menunjukkan empati sosial, ramah pada isu keberagaman-anak-perempuan, serta responsif terhadap isu-isu yang up to date. Pada video-video yang diunggah juga memperlihatkan sosok Ganjar Pranowo yang sangat menikmati pekerjaannya sebagai gubernur yang melayani masyarakat. Strategi visual yang digunakan antara lain: 1) strategi biografi; 2) strategi petahana; dan 3) strategi Ketua Kagama. Akun TikTok @ganjarpranowofc juga dikelola secara profesional dari pra-produksi, produksi, hingga pasca produksi. Kata Kunci : Citra Politik; Ganjar Pranowo; Media Sosial; TikTok; Video Konten. Referensi : 26 buku, 40 jurnal ilmiah, 6 media ABSTRACT Name : Hendra Hidayat NPM : 0200120300003 Title : The Phenomenon of Ganjar Pranowo's Political Public Relations in Image Management Through TikTok Media Supervisor : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si Summary : Internet penetration in Indonesia reached 77.02% in the first quarter of 2022. Internet and social media are suitable mediums for communication processes and political campaigns. With the growth in the number of users, social media TikTok is becoming a new strategic tool for political actors to drive political narratives. One of the Indonesian politicians and state officials who use TikTok social media is Ganjar Pranowo, Governor of Central Java, for two terms (2013-2023). Ganjar Pranowo was selected for review because of his electability in the top three positions in June 2022. This research aims to: 1) Understanding Ganjar Pranowo's political PR through TikTok; 2) Interpreting the motives of Ganjar Pranowo's political image management through TikTok; 3) Define Ganjar Pranowo's political image management through TikTok; 4) Explore Ganjar Pranowo's storytelling experience through TikTok; 5) Interpreting Ganjar Pranowo's Performance on TikTok Media. This research was compiled using a descriptive qualitative method with a phenomenology approach model carried out on the video content of the @ganjarpranowofc TikTok account. The results found: that video content was uploaded as a strategy for shaping Ganjar Pranowo's political image. The messages in the video show Ganjar Pranowo's persona who is close to the people, does actual work, balances world life with spirituality, shows social empathy, is friendly to the issue of diversity-child-women and is responsive to up-to-date issues. The uploaded videos also show the figure of Ganjar Pranowo, who enjoys his job as a governor who serves the community. The visual strategies used include 1) biographical strategy, 2) incumbent strategy, and 3) the strategy of the Head of Kagama. TikTok account @ganjarpranowofc is also managed professionally from pre-production to post-production. Keywords : Ganjar Pranowo; Social Media; Image Politics; TikTok; Content Video. Reference : 26 books, 40 journal, 6 media

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM)
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:09
Last Modified: 30 Nov 2022 02:09
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9317

Actions (login required)

View Item View Item