Repository UMJ

Search for collections on Repository UMJ

Makna Pesan Iklan Bank BCA Versi “Don’t Know? Kasih No!” Di Youtube (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

Muhammad Eksa Ajikusuma, Eksa (2024) Makna Pesan Iklan Bank BCA Versi “Don’t Know? Kasih No!” Di Youtube (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (71kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (260kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN & LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (672kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (30kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING SKRIPSI, Juli 2024 MUHAMMAD EKSA AJIKUSUMA 2020110400044 Makna Pesan Iklan Bank BCA Versi Don’t Know? Kasih No! di Youtube (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure) (xvi + 91 Halaman + 12 Tabel + 28 Gambar) ABSTRAK Perkembangan era digital yang sangat pesat telah menyebabkan peningkatan signifikan dalam kasus penipuan online. BCA sebagai bank terpercaya, mengakui keprihatinan terhadap meningkatnya isu penipuan yang mengancam keamanan dan kenyamanan nasabah. Oleh karena itu, melalui kampanye iklan “Don’t Know? Kasih No! Di Youtube” yang berisi mengenai bahaya dan ancaman penipuan online. Tujuan penelitian ini mengungkap makna pesan dan mengetahui konstruksi realitas sosial dengan menggunakan semiotika Ferdinand De Saussure. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori konstruksi realitas sosial, iklan, tanda dan makna, komunikasi visual, Youtube sebagai media iklan, semiotika, dan semiotika Ferdinand De Saussure. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis teks. Hasil penelitian ini ditemukan makna pentingnya literasi digital dan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia digital, agar masyarakat dapat terlindungi dari ancaman yang semakin rumit dan beragam. Pemahaman yang ingin dibangun dalam iklan ini bank BCA sebagai bank yang mengedepankan keamanan nasabah. Dengan menunjukkan simbolisme memancing untuk memperlihatkan bagaimana phishing dapat menipu korbannya dengan cara yang tampak tidak berbahaya. Kata Kunci : Semiotika Ferdinand De Saussure, Konstruksi Realitas Sosial, Iklan, Penipuan Online, Bank BCA Refrensi : 15 Buku + 19 Jurnal + 4 Website Pembimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:16
Last Modified: 17 Feb 2025 01:16
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/22160

Actions (login required)

View Item View Item