Muhammad Eksa Ajikusuma, Eksa (2024) Makna Pesan Iklan Bank BCA Versi “Don’t Know? Kasih No!” Di Youtube (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
![]() |
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
3. SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN & LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (672kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING SKRIPSI, Juli 2024 MUHAMMAD EKSA AJIKUSUMA 2020110400044 Makna Pesan Iklan Bank BCA Versi Don’t Know? Kasih No! di Youtube (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure) (xvi + 91 Halaman + 12 Tabel + 28 Gambar) ABSTRAK Perkembangan era digital yang sangat pesat telah menyebabkan peningkatan signifikan dalam kasus penipuan online. BCA sebagai bank terpercaya, mengakui keprihatinan terhadap meningkatnya isu penipuan yang mengancam keamanan dan kenyamanan nasabah. Oleh karena itu, melalui kampanye iklan “Don’t Know? Kasih No! Di Youtube” yang berisi mengenai bahaya dan ancaman penipuan online. Tujuan penelitian ini mengungkap makna pesan dan mengetahui konstruksi realitas sosial dengan menggunakan semiotika Ferdinand De Saussure. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori konstruksi realitas sosial, iklan, tanda dan makna, komunikasi visual, Youtube sebagai media iklan, semiotika, dan semiotika Ferdinand De Saussure. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis teks. Hasil penelitian ini ditemukan makna pentingnya literasi digital dan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia digital, agar masyarakat dapat terlindungi dari ancaman yang semakin rumit dan beragam. Pemahaman yang ingin dibangun dalam iklan ini bank BCA sebagai bank yang mengedepankan keamanan nasabah. Dengan menunjukkan simbolisme memancing untuk memperlihatkan bagaimana phishing dapat menipu korbannya dengan cara yang tampak tidak berbahaya. Kata Kunci : Semiotika Ferdinand De Saussure, Konstruksi Realitas Sosial, Iklan, Penipuan Online, Bank BCA Refrensi : 15 Buku + 19 Jurnal + 4 Website Pembimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 01:16 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:16 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/22160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |