Repository UMJ

Search for collections on Repository UMJ

Manajemen Public Relations Dalam Mengelola Reputasi Pada Organisasi Perhumas

Achmad Rayhan, Rayhan (2024) Manajemen Public Relations Dalam Mengelola Reputasi Pada Organisasi Perhumas. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (87kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (61kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (56kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (30kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (29kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (102kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (42kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (909kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (74kB)

Abstract

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI PUBLIC RELATIONS Skripsi, Juli 2024 Achmad Rayhan 2020011040002 MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS DALAM MENGELOLA REPUTASI PADA ORGANISASI PERHUMAS ABSTRAK Kemunculan Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia dan PR Indonesia menarik perhatian praktisi humas di Indonesia. Kedua organisasi ini berfungsi sebagai forum, konsultan, dan media yang mendukung pengembangan profesionalisme dan reputasi di bidang humas. Di tengah dinamika ini PERHUMAS berhasil mempertahankan reputasi dan eksistensinya selama lebih dari lima dekade sebagai organisasi terdepan dalam kehumasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses identifikasi dan perencanaan strategi, implementasi aksi dan komunikasi, serta evaluasi yang diterapkan PERHUMAS dalam mengelola reputasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive, melibatkan informan relevan. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap identifikasi masalah dan perencanaan strategi, PERHUMAS menggunakan media sosial, media monitoring, dan media listening. PERHUMAS juga berkolaborasi dengan pihak lain dalam mengelola media sosial. Visi-misi, nilai organisasi, dan kode etik menjadi landasan utama. Praktik jangka pendek melibatkan interaksi pengawasan harian, sedangkan jangka panjang melibatkan peran PERHUMAS sebagai barometer praktik kehumasan dan edukator bagi insan humas di Indonesia. Pada tahap aksi dan komunikasi, PERHUMAS mengadakan berbagai program seperti forum nasional dan internasional, program akreditasi, pengembangan kompetensi, dan kampanye penguatan citra positif. PERHUMAS menerapkan sistem komunikasi yang transparan, tertata, dan berkelanjutan. Dalam tahap evaluasi, feedback dan dampak menjadi fokus utama, dengan menggunakan AMEC Integrated Evaluation Framework dan survei Customer Satisfaction Index untuk mengukur dampak dan mengumpulkan feedback dari stakeholders. Kata Kunci : Manajemen Public Relations, Reputasi, Organisasi Daftar Pustaka : 10 Buku dan 12 Jurnal Pembimbing : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:15
Last Modified: 17 Feb 2025 01:15
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/22134

Actions (login required)

View Item View Item