Efektivitas Program Pengembangan Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Remaja Disabilitas Netra Di Slb-a Pembina Tingkat Nasional Jakarta

Alfrida Hermawati, Alfrida (2023) Efektivitas Program Pengembangan Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Remaja Disabilitas Netra Di Slb-a Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (48kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (173kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (569kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (407kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (202kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (202kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf

Download (564kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
15 BAB VI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu cara meningkatkan kemandirian remaja disabilitas netra adalah melalui program pengembangan diri yang dilaksanakan oleh sekolah. SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta adalah salah satu sekolah yang menerapkan program pengembangan diri dalam meningkatkan kemandirian peserta didik melalui ketrampilan musik, massage dan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas program pengembangan diri dalam meningkatkan kemandirian melalui keterampilan musik, massage dan komputer jenjang SMPLB di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan snowboll sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pengembangan diri melalui ketreampilan musik, massage dan komputer yang dilaksanakan di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kemandirian intelektual peserta didik. Namun, di jenjang SMPLB peserta didik lebih minat pada keterampilan komputer yang mana relevan dengan saat ini yang dalam masa perkembangan teknologi. Daftar Pustaka : 38 Referensi (1992 – 2023) Kata Kunci : Pengembangan diri, Kemandirian, Remaja Disabilitas Netra

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 01 Dec 2023 00:33
Last Modified: 01 Dec 2023 00:33
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17250

Actions (login required)

View Item View Item