KINERJA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) PROVINSI DKI JAKARTA DALAM PENANGANAN SAAT BENCANA BANJIR DI KELURAHAN KAMPUNG MELAYU JAKARTA TIMUR
Ratna Nurrahma, Ratna (2023) KINERJA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) PROVINSI DKI JAKARTA DALAM PENANGANAN SAAT BENCANA BANJIR DI KELURAHAN KAMPUNG MELAYU JAKARTA TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf Download (10kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (167kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (169kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (151kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (4kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (3kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (332kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (513kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Download (188kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Download (534kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text
15 BAB VI.pdf Download (92kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Ratna Nurrahma Program Studi : Administrasi Publik Judul Skripsi : Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta Dalam Penanganan Saat Bencana Banjir di Kelurahan Kampung Melayu Jakarta Timur. Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan bencana banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta merupakan badan yang bertanggung jawab untuk menangani bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja BPBD serta faktor penghambat kinerja dalam penanganan saat bencana banjir. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis penelitian ini menggunakan Teori Kinerja Organisasi Dwiyanto, indikator untuk menilai kinerja organisasi adalah produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produktivitas kinerja dalam penanggulangan bencana banjir belum maksimal, terlihat dari media-media yang mengulas tentang ketidakpuasan masyarakat terhadap BPBD dalam penanganan saat banjir. Kualitas Layanan dalam penanggulangan bencana banjir juga belum maksimal namun hal tersebut tidak sepenuhnya kesalahan dari BPBD, kesadaran masyarakat juga penting, pasalnya beberapa warga tidak ingin dievakuasi oleh tim BPBD dan lebih berdiam diri di rumah. Responsivitas sudah maksimal dilihat dari kesigapan tim BPBD saat terjadi bencana banjir sudah dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku. Responsibilitas yang dilakukan belum optimal karena proses koordinasi BPBD terhadap pihak-pihak lain yang terlibat masih terdapat misskoordinasi. Akuntabilitas cukup baik informasi yang disampaikan BPBD cukup informatif dengan beragamnya aspek sesuai yang ditampilkan oleh website, hanya saja beberapa informasi tidak cukup update seperti penanganan banjir di Kampung Melayu baik pada saat identifikasi maupun pendistribusian logistik. Faktor yang menghambat kinerja adalah kurangnya SDM yang handal dan terampil dibidangnya, kekurangan sarana dan prasarana, kurangnya kesadaran masyarakat, kurangnya koordinasi dengan berbagai lembaga. Rekomendasi peneliti adalah dengan meningkatkan keterampilan dan kemampuan pegawai melalui pelatihan, meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan koordinasi dengan berbagai lembaga yang terkait. Kata Kunci: Kinerja Organisasi, Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas. Kata kunci : Kinerja Organisasi, Kepuasan Masyarakat, Referensi : 17 Buku (2001-2013) dan 5 Jurnal (2018-2022) Pembimbing : Prof. Dr. Evi Satispi, M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Public Administration Science / Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:45 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:45 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17121 |
Actions (login required)
View Item |