Media dan Pemasaran Politik Anies Baswedan dalam Penyelenggaraan Formula E di Jakarta Tahun 2022
Hendri Satrio, Hendri (2023) Media dan Pemasaran Politik Anies Baswedan dalam Penyelenggaraan Formula E di Jakarta Tahun 2022. Thesis (S2) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (91kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (275kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (30kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (34kB) |
|
Text
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text
10. BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN PENELITIAN TERDAHULU DAN KERANGKA KONSEP.pdf Download (287kB) |
|
Text
11. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
12. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB V PENUTUP.pdf Download (106kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Abstract
Nama : Hendri Satrio NPM : 2019960040 Judul : Media dan Pemasaran Politik Anies Baswedan dalam Penyelenggaraan Formula E di Jakarta Tahun 2022 Pembimbing : Prof. R. Siti Zuhro, MA., PhD Ringkasan : Penyelenggaraan kejuaraan dunia Formula E di Jakarta tahun 2022 mendapat perhatian besar dalam pemberitaan media massa dan media sosial. Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta mendapatkan publisitas yang cukup besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media dan pemasaran politik Anies Baswedan dalam Penyelenggaraan Formula E di Jakarta tahun 2022. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep seperti agenda setting, personal branding, strategi publisitas serta segmentasi untuk mengetahui fenomena pemasaran politik Anies Baswedan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data berupa reduksi data dan pengujian berdasarkan triangulasi sumber dan informan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Formula E bukan hanya pagelaran kompetisi olahraga atau balap mobil saja tetapi mencakup banyak pesan politik. Anies mendapatkan publisitas yang besar bersamaan dengan pemberitaan Formula E. Selain memasarkan Jakarta sebagai Kota Global yang ramah lingkungan, Anies juga memanfaatkan Formula E dan media sosial untuk pemasaran politik dengan memposisikan dirinya sebagai kepala daerah yang mampu menyelenggarakan agenda internasional. Selain pull marketing, strategi lainnya yang digunakan Anies adalah tie-in publicity dan free ride publicity. Mayoritas media mengasosiasikan Formula E dengan kepemimpinan Anies. Oleh karenanya Anies dapat dianggap berhasil dalam menjadikan Formula E sebagai rekam jejak atau produk pemasaran politiknya. Kata Kunci : Formula E Jakarta, Media Sosial, Pemasaran Politik, Personal Branding, Strategi Publisitas
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:36 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:36 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13995 |
Actions (login required)
View Item |