ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN YOUTUBE GOOGLE INDONESIA VERSI SUARAMU MENGINSPIRASI MEREKA #YUKBUKASUARA
Fikri Akbar Ramadhan, Fikri Akbar Ramadhan (2022) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN YOUTUBE GOOGLE INDONESIA VERSI SUARAMU MENGINSPIRASI MEREKA #YUKBUKASUARA. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (63kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (506kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (6kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (82kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (339kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (410kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (182kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (775kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
Fikri Akbar Ramadhan 2017140021 Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Youtube Google Indonesia Versi Suaramu Menginspirasi Mereka #YukBukaSuara ABSTRAK Belakangan ini, ketidakadilan gender menjadi suatu permasalahan yang tidak kunjung selesai. Hal ini menunjukan beberapa fakta sosial yang menunjukan betapa seringnya terjadi ketidakadilan gender. Ketidakadilan gender yang kian hari kian menghawatirkan masa depan peradaban manusia, khususnya dalam kaitannya dengan relasi antara laki-laki dan perempuan. Seperti pada iklan Google Indonesia Versi Suaramu Menginpirasi Mereka #YukBukaSuara yang menceritakan tentang berbagai macam karakter perempuan dalam iklan ini ingin menghapus stigma dan stereotip terhadap perempuan kalau perempuan tidak bisa melakukan banyak hal. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisa denotatif dan konotatif serta mitos yang terdapat dalam iklan Youtube Google Indonesia versi Suaramu Menginspirasi Mereka #YukBukaSuara yang ditayangkan di media Youtube. Teori yang digunakan yaitu Iklan, Semiotika, Semiotika Roland Barthes, Sinematografi, Pesan Iklan, Youtube, Makna Visual Iklan, Layout. Pendekatan penelitian bersifat deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Pada penelitian ini terdapat makna denotasi, konotasi, mitos yang diperoleh melalui komunikasi verbal, non verbal, audio maupun visual dalam iklan. Hasil penelitian adalah anggapan tentang perempuan dan mitos-mitos yang berkembang selama ini terhadap kaum perempuan dapat membuka pandangan baru dengan adanya iklan ini. Dimana dalam iklan ini membuat kaum perempuan dapat mematahkan stigma ataupun stereotip masyarakat yang selama ini menganggap perempuan hanya bisa bekerja dirumah saja dan perempuan sebagai kaum minoritas yang tidak mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi. Kata Kunci: Semiotika Roland Barthes, Iklan, Perempuan Referensi: 16 Buku, 13 Jurnal, 3 Website Pembimbing: Jamiati KN, S.I.Kom, M.I.Kom.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:29 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:29 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13590 |
Actions (login required)
View Item |