ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN MARJAN VERSI “BANGKITKAN HARAPAN” PADA MEDIA YOUTUBE

Rizqi Fadhillah, Rizqi Fadhillah (2022) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN MARJAN VERSI “BANGKITKAN HARAPAN” PADA MEDIA YOUTUBE. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (72kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (79kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (234kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Juli 2022 Rizqi Fadhillah 2018140194 Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Marjan Versi “Bangkitkan Harapan” Pada Media Youtube ABSTRAK Dalam setiap iklan, tentunya terdapat makna pesan yang ingin disampaikan, termasuk dalam iklan Marjan versi ”Bangkitkan Harapan”. Dan untuk meneliti makna yang terkandung dalam iklan Marjan versi ”Bangkitkan Harapan” ialah dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui makna dan tanda-tanda semiotika dari sisi denotasi, konotasi, dan mitos, berdasarkan teori Semiotika Roland Barthes, yang terdapat dalam iklan Marjan versi ”Bangkitkan Harapan”. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah iklan itu sendiri. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada iklan tersebut dan menganalisis tanda-tanda yang ada pada iklan, berupa aspek-aspek visual (gambar) dan audio (suara) dalam iklan tersebut. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat makna denotasi dalam iklan ini, yaitu kisah heroik kepahlawanan Dewi Sri. Makna konotasi pada iklan ini adalah konsep, ekspresi, dan kedekatan mental dari kisah kepahlawanan dari Dewi Sri, serta mengajarkan kita untuk meneladani perbuatan baik dan juga melestarikan budaya lokal. Makna mitos dalam iklan ini ada pada tema cerita yang mengadaptasi cerita rakyat Dewi Sri. Tokoh Dewi Sri dan Kala Wereng dalam iklan ini dibuat berbeda dengan di cerita rakyatnya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan tema cerita yang digunakan. Dewi Sri dalam iklan ini digambarkan sebagai sosok superhero wanita yang bertarung dengan Kala Wereng, yang digambarkan sebagai penjahat yang gemar menjarah, untuk melindungi desa dan hasil panen. Sementara dalam cerita rakyatnya, Kala Wereng merupakan mantan dewa yang dikutuk menjadi hama tanaman karena nafsu mengejar Dewi Sri. Selain itu, mitos dalam iklan ini ada juga upacara perayaan pada saat panen raya. Di beberapa daerah-daerah tertentu di Indonesia, ada sebuah kegiatan dimana ketika masyarakat menghadapi musim panen, mereka akan mengadakan suatu upacara perayaan atau selebrasi. Kata kunci : Iklan, Marjan, Semiotika, Roland Barthes, Makna. Referensi : 16 Buku, 14 Penelitian. Pembimbing : Jamiati K.N, S.I.Kom, M.I.Kom

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:05
Last Modified: 07 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item