UPAYA MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL MATERI SUMBER DAYA ALAM IPA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN KAPUK 11 JAKARTA BARAT
Laily, Nurmalia (2017) UPAYA MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL MATERI SUMBER DAYA ALAM IPA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN KAPUK 11 JAKARTA BARAT. Thesis (S2) thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
INSTRUMEN HOTS.docx Download (1MB) |
|
Archive
drive-download-20230106T032134Z-001.zip Download (294kB) |
|
Archive
drive-download-20230106T032130Z-001.zip Download (53MB) |
|
Text
ilovepdf_merged (17).pdf Download (730kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill kelas IV SDN Kapuk 11 Jakarta Barat, melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yakni observasi untuk data proses dengan menggunakan lembar observasi. Tes Higher Order Thinking Skill IPA, tes awal yang dijadikan sebagai pijakan untuk menyusun rencana tindakan untuk mengimplementasikan melalui sintaks pembelajaran Reciprocal Teaching dalam siklus, guna meningkatkan Higher Order Thinking Skill dalam materi sumber daya alam IPA. Setiap akhir siklus dievaluasi dampak dari tindakan yang telah diimplementasikan. Data yang dianalisis adalah data kualitatif, yang diperkuat dengan penilaian tes Higher Order Thinking Skill, guna membuktikan sejauh mana dampak dari tindakan yang melalui proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hal ini dibuktikan dengan presentase nilai Higher Order Thinking Skill IPA pada siklus I yaitu 32,35% yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 94,12% yang tuntas dan aktivitas pendidik dan aktivitas siswa sesuai sintaks pembelajaran ini mencapai 100% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Higher Order Thinking Skill IPA kelas IV SDN Kapuk 11 Jakarta Barat meningkat dengan penerapan pendekatan Reciprocal Teaching.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Mrs Laily |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:05 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:05 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9414 |
Actions (login required)
View Item |